Jumat

Cara Memperbaiki Smartphone yang Terkena Air

Cara Memperbaiki Smartphone yang Terkena Air
FEC Media

Ilustrasi (Pixabay)

FedStyle.id – Kita sering melakukan banyak aktivitas dengan handphone, sehingga handphone juga berpotensi terkena atau masuk ke dalam air. Air merupakan musuh besar bagi alat-alat elektronik terutama handphone, karena air bisa merusak komponen-komponen yang ada di dalam handphone. Handphone yang masuk ke air juga berpotensi mati total atau kerusakan komponen dalam, jika tidak ditangani dengan cepat. Hal ini juga dapat menyebabkan data atau memori di handphone hilang atau rusak. Tapi, kamu tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara mudah memperbaiki handphone yang masuk air, tanpa harus dibawa ke service center. Yuk, cari tahu langkahnya berikut ini.

Segera lepaskan baterai, memory card, dan SIM card

Ilustrasi (Pexels)

Jangan buru-buru mencoba untuk menghidupkan handphone saat dalam keadaan basah. Lepaskan baterai handphonememory card, dan SIM card secepatnya, untuk meminimalisir kerusakan akibat terjadinya short atau korslet setelah handphone terkena air. Kamu tahu kan kalau air dan listrik itu tidak bersahabat? Jadi, jangan coba-coba menyalakan handphone sebelum benar-benar kering. Setelah sudah dilepas, lap handphone dengan handuk kering dan usahakan tidak menggoyangkan handphone terlalu berlebihan, karena bisa membuat air menyebar ke komponen dalam lainnya.

Lepas semua komponen/bagian dalam handphone

Ada kemungkinan jika air bisa masuk melalui lubang-lubang kecil seperti port USB, port charger dan lubang speaker, walaupun handphone kamu dalam keadaan tertutup rapat oleh casing. Kamu bisa mulai melepaskan semua sekrup yang ada pada casing dengan obeng kecil dengan hati-hati. Kalau casing belakang sudah terbuka, lepaskan juga sekrup yang ada pada PCB hingga ke bagian-bagian kecil, dan coba keringkan juga di bagian dalamnya dengan lap atau hair dryer dari jarak kurang lebih 30 cm di atas handphone.

Fokus pada LCD dan baterai

Ilustrasi (Wikimedia)

Ini merupakan salah satu langkah yang paling penting. Setelah semua komponen handphone terbongkar, bersihkan bagian LCD-nya terlebih dulu. Bagian ini biasanya sering atau cepat rusak setelah terkena air, karena LCD berisi filamen lunak dan tidak tahan pada kelembaban air. Jika dibiarkan basah terlalu lama, bisa muncul flek hitam pada layar LCD handphone. Jika bagian LCD sudah kering dari air, keringkan bagian handphone lainnya seperti PCB menggunakan blower, kipas angin, atau bisa juga dengan hair dryer. Tapi jika mengeringkan PCB dengan hair dryer, jangan terlalu dekat dan lama ya, karena udara panasnya bisa merusak komponen PCB tersebut dan bisa menjadi rusak total, lho.

Rendam ke dalam beras

Ilustrasi (Gogadgetpros)

Agar air benar-benar hilang dan cepat kering, ambil beras sekotak penuh lalu rendam semua komponen handphone yang terkena air tadi. Tutup rapat dan pastikan handphone serta baterai dalam keadaan terkubur di dalam beras sekitar 6-7 jam, atau jika perlu diamkan seharian. Hal ini karena beras bisa menyerap embun dan air dengan baik, dan bisa untuk mengeringkan sisa-sisa air yang ada pada komponen handphone. Beras mengandung elektrostatis yang bisa menyerap kadar air dan mengurangi kelembaban secara maksimal.

Pasang dan hidupkan kembali handphone

Ilustrasi (Pixabay)

Setelah proses pengeringan selesai dan handphone kamu sudah benar-benar kering, segera pasang kembali komponen yang sudah dibongkar tadi. Rakit dengan benar dan hati-hati agar tidak merusak komponen lainnya. Jika sudah dipasang hingga casing-nya, coba hidupkan. Handphone kamu kemungkinan sudah bisa menyala normal lagi atau nyala blink, tanda handphone sudah berfungsi lagi. Jika belum bisa menyala juga, kamu bisa pergi ke toko service untuk dicek lebih jauh.

Handphone yang masuk ke dalam air kemungkinan bisa rusak atau mati total, jika tidak cepat dikeringkan atau ditangani dengan cepat, hingga baterai dan memori penting di dalamnya bisa rusak. Tapi, dengan beberapa cara di atas, kamu bisa memperbaiki handphone yang terendam air dengan cepat, sebagai pertolongan pertama sehingga memungkinkan handphone kamu hidup kembali dengan normal.

Solusi Lengkap Download Aplikasi dan Games, Informasi Teknologi, Lifestyle dan Gadget