Rabu

Kebiasaan Sehar-hari yang Berakibat Fatal

Kebiasaan Sehar-hari yang Berakibat Fatal
FEC Media

FedStyle.id - Apakah kamu sering menggigit kuku? Mengunyah permen karet? Main game tidak kenal waktu? Kedengarannya kebiasaan ini merupakan kebiasaan yang sepele dan tidak berbahaya. Namun hati-hati, karena ada beberapa orang yang harus menjalani perawatan atau bahkan kehilangan nyawa karena kebiasaan seperti ini.

Ilustrasi (Pixabay)

Seorang entertainer diharuskan tampil cantik dan menarik di muka umum. Salah satunya adalah penyanyi cantik, Masha. Remaja 13 tahun ini harus memakai make up dan bulu mata tiap kali tampil di panggung. Namun, Ia tidak pernah menyangka bahwa kebiasaannya itu berakibat fatal pada matanya. Sebenarnya, menambahkan mascara dan bulu mata saja sudah membuat remaja ini tampil cantik. Namun orang tuanya memberikan penambahan warna pada bulu matanya. Salon tempatnya melakukan perawatan tersebut tidak menjelaskan tentang efek samping dari penambahan warna pada bulu mata itu. Akibatnya, mata Masha seperti terbakar bahkan hampir kehilangan fungsi penglihatannya. Masha harus absen dari dunia hiburan selama menjalani perawatan mata itu. Belum diketahui apakah nanti mata Masha bisa melihat lagi atau tidak.

Hampir setiap orang pernah menggigit kuku sendiri, bahkan sudah menjadi kebiasaan yang sulit dihilangkan. Bagi sebagian orang, kebiasaan menggigit kuku bisa membuat perasaan lebih tenang. Sebagian orang malah terkadang tidak sadar jika sedang menggigit kuku. Pria bernama John, terbiasa menggigit kuku ketika sedang depresi atau stress. Kebiasaan ini kemudian berakibat parah. John menggigit kukunya sampai berdarah. Hal ini membuat jari john rusak dan Ia menjadi lebih sensitif, serta mudah terserang penyakit. Karena semakin parah, maka tips medis harus mengamputasi ujung jari John. Setelah diamputasi, John merasa lebih baik. Namun keadaan ini tidak membantu, karena keesokan harinya John mengalami gagal jantung karena infeksi bakteri sudah menjalar keseluruh tubuh. Jantung John berhenti berdetak dan kemudian meninggal.

Memakai lensa kontak memang membutuhkan perhatian khusus. Mata yang sensitif terhadap debu dan kotoran mengharuskan para pengguna lensa kontak harus menjaga kebersihan lensa kontak mereka, agar mata tidak terkena iritasi. Seorang pematung dari Amerika Serikat memang mengetahui bahaya ini. Namun Ia tidak peduli dan memakai lensa kontaknya kemanapun, bahkan ketika tidur. Ia hanya melepaskan lensa kontaknya sekali dalam seminggu . kebiasaan ini menyebabkan matanya terkena bakteri sudomonas, yang menyebabkan mata kirinya rusak parah bahkan hampir buta. Pupil matanya tampak abu-abu dan bagian putih matanya berubah menjadi warna merah. Awalnya Ia beralasan bahwa lensa kontaknya bisa dipakai sepanjang hari. Namun bukan berarti tidak pernah melepaskan dari mata dan dibersihkan. Dokter akhirnya memberikan peringatan agar tidak usah memakai lensa kontak, jika tidak bisa menjaga kebersihannya.

Kebiasaan lainnya yang sering dilakukan masyarakat adalah menguyah permen karet. Selain rasanya yang manis, bentuknya yang kenyal dan tidak mudah habis membuat para penikmatnya merasa nyaman saat mengunyahnya. Ada juga yang menganggap bahwa mengunyah permen karet dapat menurunkan berat badan. Seorang perempuan asal Cina mencoba menerapkan hal ini. Ia mengunyah permen karet selama enam bulan tanpa berhenti. Bukannya mendapatkan badan yang kurus, wajahnya malah berubah menjadi lebih lebar dan terlihat seperti pria. Setelah berkonsultasi dengan dokter bedah plastik, dokter menjelaskan bahwa gerakan mengunyah permen karet yang berlebihan mengakibatkan rahang atas bekerja terlalu keras, sehingga berakibat pada pelebaran bentuk wajah. Akhirnya, dokter menyarankan untuk menghentikan kebiasaannya mengunyah permen karet untuk mengembalikan bentuk wajahnya.

Sushi dan sashimi merupakan makanan tradisional Jepang yang sudah mendunia. Bahan utama dari kedua masakan ini adalah ikan mentah. Banyak masyarakat dunia menyukai sushi dan sashimi, termasuk salah satu pria yang berasal dari Cina. Hampir setiap hari Ia memakan sushi dan sashimi. Hingga suatu hari, Ia mengeluh kesakitan dan memeriksakan dirinya ke dokter. Satu hal yang mengejutkan dokter adalah di dalam diri pria tersebut terdapat cacing pita. Sejumlah penelitian menunjukkan, mengkonsumsi ikan mentah atau setengah matang bisa mengakibatkan berbagai macam penyakit, salah satunya adalah cacing pita. Akhirnya, pihak rumah sakit berusaha mengeluarkan cacing pita yang telah menggerogoti tubuh pria tersebut.

Satu lagi kebiasaan yang sering dilakuakn oleh anak-anak dan pria dewasa adalah main game dari ponselnya. Salah satu permainan Candy Crash Saga membuat salah seorang pria lupa akan segalanya. Setiap hari Ia menggunakan tangan kirinya untuk bermain mencocokkan warna permen. Selama delapan pekan bermain permainan ini, telunjuk kirinya mengalami masalah. Salah satu tendonya pecah dan butuh operasi. Tendon ini merupakan salah satu jenis jaringan lunak yang menghubungkan otot dengan tulang jari telunjuk. Pria ini akhirnya terpaksa menjalani operasi agar jari telunjuknya bisa kembali normal seperti biasanya.

Semoga kita lebih berhati-hati dengan kebiasan-kebiasaan sehari-hari, yang sering kita anggap sepele. Karena meski sepele, teryata jika dilakukan secara berlebihan dapat mengakibatkan dampak yang fatal. Semoga informasi ini bisa bermanfaat.

Solusi Lengkap Download Aplikasi dan Games, Informasi Teknologi, Lifestyle dan Gadget