Jumat

Hai Girls, Ini Tips Memilih Lipstik untuk Bibir Kering dan Mengelupas

Hai Girls, Ini Tips Memilih Lipstik untuk Bibir Kering dan Mengelupas
FEC Media

FedStyle.id - Lipstik bisa dibilang make-up paling mudah yang bisa kamu gunakan dengan efek yang spektakuler. Hanya dengan memulaskan lipstik merah cerah, dapat membuat penampilan kamu lebih glamor. Lantas bagaimana jika bibir kering bahkan mengelupas? 


Hal tersebut tentunya tidak dapat menjadi alasan kamu untuk tidak menggunakan lipstik. Dengan memilih lipstik yang cocok untuk bibir kering, kamu tetap dapat tampil memukau dengan warna lipstik yang cantik. Penampilan kamu bisa menjadi lebih maksimal, dan pastinya kelembapan bibir akan selalu terjaga dengan baik.


Tips Memilih Lipstik untuk Bibir Kering dan Mengelupas


Jangan bingung lagi, berikut ini deretan cara memilih lipstik untuk bibir kering dan mengelupas yang perlu kamu ikuti.


Ilustrasi (Pixabay)

1. Mengandung bahan alami


Alam telah menyediakan berbagai bahan alami untuk mengatasi kulit yang kering. Salah satunya adalah jojoba oil, yaitu minyak yang diekstrak dari biji Simmondsia Chinensis atau yang sering disebut sebagai tanaman jojoba. Di dalam jojoba oil terkandung wax ester, Vitamin E, dan Vitamin B yang dapat bekerja sebagai pelembap sehingga dapat mencegah kulit bibir dari kekeringan.


Jojoba oil dapat kamu aplikasikan secara mandiri, namun produk lipstik yang sudah mengandung jojoba oil di dalamnya, tentunya sangat memudahkan kamu saat mencari lipstik yang cocok untuk bibir kering. Dalam setiap pulasannya, warna lipstik yang cantik dapat menyempurnakan penampilan kamu sekaligus melindungi bibir dari kekeringan serta mengelupas.


2. Pilih tekstur lipstik yang creamy


Cara memilih lipstik yang cocok untuk bibir kering adalah dengan memilih tekstur lipstik yang tepat, yaitu tekstur creamy yang lembut. Lipstik jenis ini biasanya diformulasikan dengan kandungan wax dan minyak alami yang lebih banyak dibandingkan dengan lipstik jenis lainnya, sehingga cukup untuk mempertahankan kelembapan bibir dan bibir tidak akan bertambah kering.


Lalu, apakah semua lipstik bertekstur creamy akan memberikan hasil akhir yang glossy? Tidak selalu. Jika kamu merupakan pecinta lipstik matte, kamu bisa memilih produk lipstik bertekstur creamy yang melembapkan namun memberi hasil akhir matte, arena tidak membuat kering, maka lipstik buat bibir kering ini nyaman dipakai seharian.


3. Lipstik dengan warna yang pigmented dan intens


Warna lipstik yang kurang pigmented tentunya membuat kamu sering touch up agar penampilan kamu tetap sempurna. Rupanya, kebiasaan tersebut dapat memperparah kondisi bibir yang kering, karena lipstik jadi menumpuk dan menyerap kelembapan di bibir. Selain itu, bibir kamu akan terlihat semakin tebal yang malah memperjelas tampilan pecah-pecah. Untuk menunjang penampilan, pilihlah lipstik yang cocok untuk bibir kering dengan warna yang pigmented dan intens, sehingga saat dipakai, terutama dalam waktu yang lama, tidak timbul efek patchy atau retak.


Lalu, bagaimana dengan pilihan warnanya? Asalkan kondisi bibir sehat dan tak kering, maka kamu bebas memakai atau bereksperimen dengan warna apa saja. Satu tips yang dapat dicoba adalah memilih warna lipstik yang cocok untuk bibir kering yang sesuai dengan nuansa warna pakaian yang kamu kenakan. 

 

Dengan mengikuti tiga cara ini, kamu tentunya tidak akan kesulitan lagi memilih lipstik yang cocok untuk bibir kering ataupun yang sudah terlanjur mengelupas. 


Tips Merawat Bibir yang Kering dan Mengelupas


Tak hanya memilih lipstik yang cocok untuk bibir kering yang harus kamu perhatikan, perawatan bibir juga harus rutin dilakukan agar bibir terjaga kelembapannya dan tampil menawan.


1. Selalu bersihkan lipstik sebelum tidur


Sama seperti sisa make-up di kulit wajah, sisa lipstik di bibir juga harus dibersihkan agar tidak menimbulkan masalah kemudian hari. Sebaiknya bersihkan bibir dengan make-up remover yang khusus untuk kulit area mata dan bibir yang sensitif. Sebagai alternatif, kamu bisa membersihkan bibir menggunakan minyak zaitun atau minyak kelapa yang melembapkan.


2. Lakukan eksfoliasi bibir secara teratur


Bibir yang kering dan terkelupas tak hanya menandakan kurangnya kelembapan, namun juga bertumpuknya sel-sel kulit mati. Menggunakan scrub untuk mengeksfoliasi bibir dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati, sehingga meminimalisir tampilan kering dan terkelupas. Selain itu, rutin melakukan eksfoliasi bibir dapat membuat nutirisi dari produk-produk yang kamu gunakan dapat lebih terserap bibir. Lakukan 2-3 minggu sekali selama lima menit, lalu gunakan lip balm setelahnya.


3. Tidak melewatkan lip balm


Seusai dieksfoliasi, kamu dapat melanjutkan perawatan bibir kering dengan mengaplikasikan lip balm. Produk ini akan mengisi kembali kelembapan yang hilang di bibir, sekaligus merawat bibir agar tetap sehat dan cantik. 


Untuk perawatan ekstra, kamu dapat mengaplikasikan lip balm sesaat sebelum tidur. Kamu akan terbangun di pagi hari dengan kondisi bibir yang lembap karena lip balm menutrisi bibir kamu sepanjang malam. Kamu juga dapat mengaplikasikan lip balm kurang lebih 30 menit sebelum menggunakan lipstik yang cocok untuk bibir kering agar kelembapan bibir terjaga terus-menerus.


4. Lindungi bibir


Sinar UV dari matahari dan polusi dapat membawa efek buruk bagi bibir, apalagi bibir yang kering. Perlu kamu ketahui bahwa bibir tidak mengandung melanin, zat pigmen kulit yang dapat menyerap sinar UV. Karena itu, kulit bibir mudah sekali terbakar. Paparan sinar UV dan polusi berkepanjangan juga dapat membuat kulit bibir menua dengan cepat. Karena itu, selalu lindungi bibir dengan produk yang mengandung sunscreen dan vitamin saat beraktivitas di luar ruangan.  


5. Hindari melakukan kebiasaan buruk ini


Saat bibir sedang kering dan mengelupas, sering kali kamu tidak tahan untuk mengelupas lapisan kering di bibir. Ini dapat membuat bibir bertambah kering bahkan berdarah. Kebiasaan buruk lain yang harus kamu hindari adalah menjilat bibir. Air liur tidak akan membuat bibir kamu menjadi lebih lembap, malah semakin kering. Lebih baik langsung oleskan lip balm begitu bibir terasa kering daripada menjilatnya.

Solusi Lengkap Download Aplikasi dan Games, Informasi Teknologi, Lifestyle dan Gadget