Jumat

Imlek 2572, Cek Pergerakan Saham di Tahun Kerbau Logam

Imlek 2572, Cek Pergerakan Saham di Tahun Kerbau Logam
FEC Media

FedStyle.id - Tahun 2021 ini merupakan tahun kerbau logam pada perayaan Tahun Baru Imlek 2572. Lalu, bagaimanakah unsur shio dalam kepercayaan Tionghoa ini mempengaruhi pergerakan saham? Yuk, simak ulasannya...


Dikutip dari CLSA Feng Shui Index 2021, shio kerbau logam melambangkan harapan yang lebih baik untuk tahun ini. Sebab sebelumnya, shio kerbau pernah menunjukkan tanduknya terakhir kali pada tahun 2009, tepat setelah terjadinya Krisis Keuangan Global. Kali ini, shio kerbau kembali muncul, tepat saat dunia menghadapi krisis akibat pandemi covid-19. 


Besar harapan, kehadiran shio kerbau logam di tahun ini, dapat membangkitkan perekonomian dunia khususnya Indonesia dari keterpurukan.


Shio Kerbau Logam dan Pergerakan Saham


Shio kerbau logam dikenal karena kekuatan dan keagungannya. Shio ini adalah pengatur yang hebat, dan dengan mudah dapat mengontrol aliran air dan modal. Ini adalah tahun terakhir air mengalir melalui alam semesta Feng Shui sebelum bumi mengeringkannya. Artinya, akan ada uang atau keuntungan yang dihasilkan sepanjang tahun ini. 


Meski demikian, tahun ini akan membawa beberapa kemunduran. Namun jangan khawatir, karena gelombang tersebut akan berlalu dengan cepat. Diperkirakan, shio ayam, ular dan monyet akan menjadi yang paling mujur dan beruntung sepanjang tahun ini. Selain itu, shio tikus, kelinci, anjing, babi dan kerbau, juga dimungkinkan mendapat keberuntungan serupa. 


Namun untuk shio naga dan kuda, harus lebih hati-hati. Shio ini harus menjaga cakar dan kukunya agar tetap kering. Apalagi untuk shio macan dan kambing, harus bekerja keras untuk tetap bertahan.


Pergerakan Saham di 2021


Dalam filosofi China, ada lima elemen yang menjadi kerangka dasar untuk memahami kehidupan manusia yakni, kayu, api, tanah, logam, dan air.


Seorang Ahli Feng Shui akan menilai kekuatan relatif dari setiap elemen itu pada waktu tertentu. Sementara CLSA menerapkan teori Feng Shui tersebut ke pasar modal dengan menetapkan sektor tertentu ke setiap elemen.


Portofolio kerja paling baik adalah ketika memiliki bobot yang sama dengan elemen-elemennya, sehingga investor dapat menyesuaikan portofolio tersebut untuk mendapatkan hasil terbaik.


Kayu menjadi bahan bakar api, api membuat bumi, logam berasal dari bumi dan menghasilkan air, bahan dasar kehidupan. Sebaliknya, air memadamkan api, api melelehkan logam, membuatnya lemah, logam bisa memotong kayu, dan kayu mengatasi tanah saat akar tumbuh ke dalam tanah, dan bumi mengatasi air.


Ilustrasi Tahun Baru Kerbau Logam. (Net)

1. Elemen Kayu


Elemen ini meliputi sektor Environmental, Social, and Governance (ESG), consumer, dan healthcare. Untuk ketiga sektor saham itu, akan merangkak naik di awal Februari dan semakin menukik pada Maret. Kemudian, pada April dan Mei akan lebih landai, dan naik lagi pada Juni-Agustus. Namun, mulai September sampai Januari 2022, grafiknya kembali melandai.


2. Elemen Api


Elemen ini meliputi sektor telcos atau internet, teknologi, dan utilities. Untuk ketiga sektor saham itu diproyeksi melandai pada Februari-April. Akan tetapi, pada Mei-Juni grafiknya sedikit naik, lalu melandai lagi pada Juli. Puncak ketiga sektor itu terjadi pada Agustus-September. Sisanya, sampai Januari 2022 turun lagi cenderung melandai.


3. Elemen Bumi


Elemen ini meliputi sektor saham properti, material dan China Realty Research. Untuk ketiga sektor saham itu, diproyeksi fluktuatif. Awalnya, pada Februari-Maret sektor tersebut akan melandai. Kemudian selama April akan sedikit naik, dan pada Mei-Juni kembali melandai. Juli akan naik lagi, namun Agustus-September kembali melandai. Oktober menjadi waktu paling menguntungkan bagi ketiga sektor tersebut. Perlahan menurun di November, dan jatuh di Desember. Akan tetapi, memasuki Januari 2022 berhasil merangkak naik sedikit, meski tak setinggi seperti pada Oktober dan November.


4. Elemen Logam


Elemen ini meliputi sektor keuangan, baterai dan makroekonomi. Awal Februari-Maret, akan cukup menguntungkan bagi ketiga sektor tersebut. Akan tetapi, mulai April-Juli grafiknya menurun dan landai. Mulai merangkak naik lagi pada Agustus-September, lalu turun lagi di Oktober-November. Namun, akhirnya menukik naik di Desember dan Januari 2022.


5. Elemen Air


Elemen ini meliputi sektor casinos, hotel dan leisure. Pada awal Februari-Maret, ketiga sektor ini cukup landai. Keuntungan datang pada April-Mei, namun mulai Juni-Oktober grafiknya menurun dan cenderung landai. Mulai merangkak naik lagi pada November dan puncaknya di Desember. Sedangkan memasuki Januari 2022, grafiknya turun lagi.

Solusi Lengkap Download Aplikasi dan Games, Informasi Teknologi, Lifestyle dan Gadget