Jumat

Olah Raga 75 Menit untuk Jantung Sehat

Olah Raga 75 Menit untuk Jantung Sehat
FEC Media

FedStyle.id - Setidaknya, diperlukan waktu sekitar dua jam untuk berolahraga dengan intensitas sedang, atau 75 menit berolahraga dengan intensitas berat dalam seminggu, untuk menjaga kesehatan jantung.


Vice President Worldwide Sports Performance and Fitness Herbalife Nutrition, Samantha Clayton, mengatakan hal tersebut dengan merujuk kepada Laporan U.S. Surgeon General’s Report on Physical Activity and Health.


The American Heart Association merekomendasikan agar orang dewasa, setidaknya melakukan aktivitas olahraga intensitas sedang selama 150 menit per minggu, atau aktivitas olahraga yang berat selama 75 menit per minggu, atau kombinasi keduanya, untuk memberikan manfaat kepada kesehatan jantung. 


Ilustrasi berolahraga. (Net)

Berikut lima point penting kegiatan fisik teratur untuk menjaga kesehatan jantung.


1. Olahraga menurunkan tekanan darah


Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), olahraga adalah jenis aktivitas fisik terbaik untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Ini melibatkan gerakan berulang sesuai ritme dan menggunakan kelompok otot besar, seperti yang ada di kaki, bahu, dan lengan. Anda dapat mencoba berenang, jalan, lari, atau senam.


2. Latihan meningkatkan oksigenasi


Dengan olahraga dapat membakar kalori. Latihan aerobik menciptakan defisit energi, sedangkan latihan ketahanan meningkatkan massa otot dan mengurangi lemak. Ini dikombinasikan dengan diet seimbang, akan membantu Anda menjaga berat badan yang sehat dan kadar kolesterol yang optimal.


4. Olahraga mengurangi stres


Terus-menerus tegang karena stres dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Berolahraga meningkatkan suasana hati dan kepercayaan diri, sehingga dapat membantu mengelola stres.


5. Olahraga meningkatkan kolesterol HDL


High Density Lipoprotein (HDL), juga dikenal sebagai kolesterol yang baik, membantu membersihkan peredaran darah dari kolesterol berlebih. Kolesterol berlebih itu akan dibawa ke hati untuk meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga mengurangi risiko aterosklerosis dan penyakit kardiovaskular.


Selama pandemi ini, akan banyak waktu untuk melakukan olahraga. Dengan demikian, terdapat juga waktu untuk melakukan hobi yang bermanfaat bagi jantung dan kesehatan.


Bisa dengan berjalan, berlari, bersepeda, menari, berenang, atau aktivitas apa saja yang dapat memperkuat gerak detak jantung Anda. Semua itu dapat berdampak positif pada kesehatan, kesejahteraan, dan kebahagiaan Anda sekarang dan di masa mendatang.

Solusi Lengkap Download Aplikasi dan Games, Informasi Teknologi, Lifestyle dan Gadget