Minggu

Seberapa Lama Hand Sanitizer dapat Melindungi Tangan?

Seberapa Lama Hand Sanitizer dapat Melindungi Tangan?
FEC Media

FedStyle.id - Meski cukup membantu untuk mendesinfeksi tangan, namun hand sanitizer tidak sempurna. Menurut hasil survei yang diterbitkan pada tahun 2010, lebih dari setengah responden berpikir bahwa hand sanitizer dapat bertahan lama dalam melindungi mereka dari kuman (jamur, parasit, bakteri, virus). Disayangkan bahwa perlindungan tersebut tidak dapat memberikan perlindungan jangka panjang, dan bertentangan dengan apa yang diyakini banyak orang selama ini.


Sedangkan untuk saat ini, informasi tersebut lebih relevan dari sebelumnya dengan adanya penyebaran virus corona atau covid-19. Atas rekomendasi dari organisasi-organisasi terkemuka seperti Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), yang menyarankan bahwa salah satu cara untuk mencegah virus adalah dengan menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol setidaknya 60%, produk ini kemudia menjadi buruan massa. Hand sanitizer tidak bekerja untuk melindungi kamu dalam jangka panjang, dan mencuci tangan di wastafel sebenarnya adalah pilihan terbaik dan pertama.


“Pembersih tangan yang mengandung alkohol adalah alternatif yang nyaman untuk menggantikan sabun dan air. Tujuannya adalah ketika tempat cuci tidak tersedia, maka Anda dapat menggunakannya,” kata Philip Tierno, PhD, Profesor Klinis Departemen Patologi di New York University Langone Medical Center.


Ilustrasi Hand Sanitizer. (Pixabay)

Sementara mencuci tangan akan menyingkirkan kuman menuju saluran pembuangan, "Hand sanitizer membunuh kuman yang ada di tangan Anda pada saat itu," kata Michael Lin, MD, Profesor Divisi Penyakit Menular di Rush University Medical Center di Chicago. “Jika Anda menyentuh sesuatu yang terkontaminasi, Anda perlu membersihkan tangan Anda lagi. Hal yang juga berlaku untuk sabun dan air,” katanya.

Tidak ada yang melindungi tangan Anda lebih lama dari beberapa menit. “Segera setelah Anda selesai mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer, tidak ada efek residu. Tangan Anda dapat segera terkontaminasi kembali,” kata Philip Tierno. 

Hal itu terjadi segera setelah kamu menyentuh permukaan apapun, terutama di tempat umum seperti pegangan pintu, pegangan tangga, tombol lift, atau keyboard. Jadi, sebelum makan, minum atau menyentuh wajah, kamu harus mencuci tangan dengan sabun dan air atau menggunakan hand sanitizer. Jika tangan kamu kotor dan tidak memiliki pembersih, jangan memegang wajah kamu.

Saat menggunakan hand sanitizer, pilih yang mengandung alkohol setidaknya 60%. "Tutupi seluruh permukaan tangan Anda dan gosokkan bersama-sama sampai terasa kering," saran CDC. Dr. Lin. Pilihlah hand sanitizer berbasis alkohol karena kenyamanan, portabilitas dan efektivitas tindakan cepatnya.

Untuk mencuci tangan dengan benar, Tierno, menyarankan untuk melakukannya selama 20 hingga 30 detik, pastikan juga untuk membersihkan sela-sela jari dan punggung tangan kamu, ya!

Solusi Lengkap Download Aplikasi dan Games, Informasi Teknologi, Lifestyle dan Gadget