Kamis

Selain Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, Ini Manfaat Konsumsi Bawang Bombai untuk Kesehatan

Selain Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, Ini Manfaat Konsumsi Bawang Bombai untuk Kesehatan
FEC Media

FedStyle.id - Bawang bombai sering dimanfaatkan sebagai penyedap masakan. Faktanya, bawang bombai memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Para penghobi masak dan kuliner pasti sudah tidak asing dengan bawang bombai. Tidak heran, bawang bombai kerap dimanfaatkan sebagai salah satu bumbu penyedap masakan dan diolah menjadi keripik. Bawang bombai memiliki cita rasa manis, sehingga lezat untuk dijadikan camilan.


Faktanya, bawang bombai tidak hanya bermanfaat sebagai bumbu penyedap saja. Bawang bombai menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, bila dikonsumsi secara teratur dan sesuai takaran. Mengutip dari buku berjudul Khasiat Buah dan Sayur karya Setiawan Dalimartha, dr. Felix Adrian, bawang bombai kaya akan vitamin C, biotin, kromium, dan serat. Tidak hanya itu, bawang bombai juga mengandung flavonoid, phenolic acids, sterols, saponin, pektin, asam folat, vitamin K, B1, dan B6. Kandungan tersebut membuat bawang bombai dipercaya mampu menumpas beberapa jenis penyakit.


Khasiat bawang bombai tidak kalah dengan bawang putih atau bawang merah. Melansir dari buku berjudul Jus Detoks: Bebas Penyakit Dalam 3 Minggu karya Dr. Seon, menyebutkan bahwa bawang bombai sudah dikenal dan dikonsumsi sejak zaman Yunoni Kuno. Bawang bombai dipercaya bisa membersihkan darah dan menyeimbangkan unsur di dalam darah. 


Ilustrasi (Pixabay)

Kamu penggemar bawang bombai? 


Mulai sekarang, jangan cuma asal makan bawang bombai karena suka. Kamu sebaiknya mengetahui manfaat bawang bombai untuk kesehatan. Berikut manfaat bawang bombai untuk kesehatan. 


1. Menurunkan kolesterol tinggi


Seseorang yang menderita kolesterol tinggi, harus segera diberikan perawatan. Sebab, kolesterol bisa memicu munculnya penyakit kronis seperti stroke dan jantung. Melansir dari buku Ramuan Lengkap Herbal Taklukkan Penyakit karya Prof H. Hembing W, bawang bombai mampu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Bawang bombai mengandung saponin yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa membuat ramuan herbal dengan panduan berikut ini. 


Bahan:

  1. Bawang bombai 1/2 - 1 buah
  2. Bawang putih 2 siung
  3. Daun sambung nyawa 7-10 lembar 


Cara membuat: 

  1. Cuci semua bahan sampai bersih lalu masukkan dalam blender. Setelah halus, saring dan minum airnya. Kamu sebaiknya minum ramuan herbal tersebut secara teratur sampai kadar kolesterol normal. 


2. Menurunkan tekanan darah tinggi 


Bawang bombai mengandung flavonoid yang berperan mengontrol tekanan darah dalam tubuh.


3. Menurunkan kadar gula darah 


Baru-baru ini, sebuah penilitian menyebutkan bahwa bawang bombai bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Hal ini disebabkan bawang bombai mengandung flavonoid, kromium, dan ally propyl disulfide. 


4. Mencegah kanker 


Konsumsi bawang bombai secara teratur dan tidak berlebihan bisa meminimalisasi risiko kanker. Hal ini disebabkan bawang bombai mengandung saponin yang mampu mencegah pertumbuhan sel tumor dan kanker. 


5. Batuk berdahak dan flu 


Saat musim pancaroba tiba, flu dan batuk jadi penyakit yang banyak diderita masyarakat. Bawang bombai dipercaya bisa menyembuhkan batuk berdahak dan flu. Kamu bisa mengonsumsi bawang bombai secara langsung atau mengolahnya menjadi jus. 

Solusi Lengkap Download Aplikasi dan Games, Informasi Teknologi, Lifestyle dan Gadget