Kamis, 18 Februari 2021

Tips Sederhana Agar Smartphone Awet

Tips Sederhana Agar Smartphone Awet
FEC Media

Seberapa sering kamu berganti smartphone? Semakin banyak smartphone terbaru bermunculan, biasanya semakin besar pula daya beli masyarakat. Tak terkecuali kamu yang selalu merasa harus update soal gadget.


Namun, ada juga orang yang gemar berganti-ganti smartphone karena sering rusak. Baru satu atau dua tahun, eh kok ya harus ganti smartphone lagi. Benarkah memiliki smartphone awet adalah hal mustahil di zaman sekarang? Kita rasanya butuh melihat dari banyak faktor ya, bukan sebatas merk atau harga smartphone.

Jangan berpikir kalau smartphone dengan harga selangit pasti akan menjamin smartphone awet. Awet tidaknya sebuah smartphone juga sangat bergantung pada si pemakai. Kita perlu sadar juga nih, apakah selama ini penggunaan dan perawatan smartphone kita sudah baik? Atau jangan-jangan keteledoran kita sendiri yang membuat memiliki smartphone awet menjadi impian belaka.

Kamu pasti menggunakan smartphone untuk berkomunikasi, bekerja, berselancar mengakses informasi, hingga bersosial media. Dengan penggunaan yang cukup banyak tersebut, tentu kamu merasa kesal ketika smartphone-mu mulai menurun performanya. Berikut beberapa tips sederhana agar smartphone awet. Kamu harus perhatikan dan lakukan hal-hal ini ya.

Ilustrasi Charger. (Pixabay.com)


Selalu Menggunakan Charger Original

Dengan kemudahan mengisi daya pada smartphone, kamu terkadang tanpa sadar akan lebih sering men-charge smartphone dengan power bank. Kalau sedang kepepet, bisa jadi kamu juga menggunakan charger teman untuk mengisi daya smartphone-mu. Tahukah kamu bahwa kebiasaan ini justru tidak membuat smartphone awet?

Saat kamu tidak menggunakan charger original, hal ini bisa merusak baterai smartphone-mu. Kabel charger memang bersifat universal, tetapi kepala charger belum tentu cocok dengan sembarangan kabel. Jadi, hal ini dapat pelan-pelan memicu kerusakan pada smartphone-mu.

Power bank juga tidak dapat membuat smartphone awet karena panas dari bank berpotensi memicu kerusakan. Bukan berarti kamu sama sekali tidak boleh menggunakan power bank ya. Kamu cukup atur penggunaannya agar tidak terlalu sering dan pastikan kamu pakai saat dalam kondisi benar-benar mendesak saja.

Bersihkan Debu yang Menempel di Smartphone

Agar smartphone awet, pastikan kamu rajin membersihkan debu atau partikel-partikel kecil lain yang sangat mudah menempel pada smartphone. Bukan hanya yang menempel pada layar smartphone ya. Periksa pula tiap bagian smartphone yang berpotensi tertempel debu.

Debu-debu yang menempel pada smartphone dapat mengakibatkan smartphone lebih mudah panas. Oleh sebab itu, sangat penting untuk rutin membersihkan smartphone agar kinerjanya tidak melambat. Kalau kamu sudah peduli pada kebersihan smartphone-mu, maka smartphone awet bisa kamu gunakan untuk waktu lebih lama.

Gunakan lap kacamata atau lap microfiber untuk mendapatkan hasil maksimal saat membersihkan smartphone. Sebisa mungkin jangan menggunakan tisu karena serat-serat yang terdapat pada tisu justru dapat tertinggal di smartphone-mu.

Pilih Case Smartphone yang Sesuai

Aksesori smartphone memang banyak sekali ditemukan di pasaran, salah satunya adalah case smartphone. Desain dan warna case smartphone yang ditawarkan pun juga beragam hingga mungkin membuat kamu bingung memilihnya. Meski terkesan sepele, ternyata smartphone awet juga bergantung pada case yang dipakai.

Case smartphone original alias aksesori asli dari sebuah brand adalah case teraman yang bisa kamu pilih. Masalah yang paling sering muncul saat smartphone diberi case adalah smartphone menjadi lebih cepat panas. Untuk itulah kamu harus lebih teliti dan pandai memilih case yang dapat melepas panas.

Kalau pun ternyata case smartphone yang kamu pilih cenderung susah melepas panas, sebaiknya kamu lepas case tersebut saat sedang mengisi daya baterai. Hal ini dapat membuat smartphone awet karena tidak mudah kepanasan. Perhatikan untuk selalu menjaga suhu smartphone tidak terlalu panas hanya gara-gara memakai case ya.

Hindari Penggunaan Smartphone di Tempat Panas

Bagi kamu yang suka beraktivitas di luar, pastikan smartphone kamu tidak terlalu sering digunakan di ruang terbuka yang sangat panas. Dalam kondisi normal, kamu dapat menggunakan smartphone pada suhu 16 hingga 30 derajat celcius. Smartphone awet biasanya terjadi karena suhu penggunaannya selalu terjaga dan tidak kepanasan.

Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk menyimpan smartphone di tempat cukup aman. Suhu dalam ruangan tertutup jauh lebih baik untuk menjaga kinerja dan performa smartphone daripada terlalu sering terpapar di luar. Ingat, smartphone awet butuh perlakuan yang baik juga.

Isi Daya sesuai Kebutuhan

Apakah kamu punya kebiasaan mengisi daya baterai smartphone semalam suntuk dan baru dicabut esok harinya? Jika iya, kamu sebaiknya tidak meneruskan kebiasaan ini ya. Agar smartphone awet, isilah daya baterai sesuai kebutuhan.

Terlalu lama men-charge smartphone dapat membuat smartphone-mu mengalami kepanasan. Pastikan kamu disiplin untuk segera mencabut charger dari smartphone selepas selesai mengisi daya. Kebiasaan sederhana ini dapat berdampak besar pada awetnya smartphone.

Memang sih smartphone zaman sekarang kebanyakan sudah memiliki teknologi pintar untuk memutus aliran listrik saat pengisian daya selesai. Hal ini sangat membantu membuat smartphone awet daripada smartphone model dulu. Hanya saja, tidak ada salahnya juga kamu tetap berpegang pada prinsip untuk mengisi daya secukupnya, bukan berlebihan.

Hapus Aplikasi yang Jarang Digunakan Saat Performa Smartphone Mulai Menurun

Beberapa tipe smartphone, terutama handphone android, sering mengalami slow response atau lambat dalam membuka aplikasi. Kalau smartphone-mu menunjukkan gejala demikian, bisa jadi ada beberapa aplikasi yang memakan CPU dan RAM cukup besar. Hal ini membuat kinerja dari smartphone-mu lebih cepat menurun.

Jika ingin punya smartphone awet, kamu harus pintar memilah-milah aplikasi yang kamu unduh. Coba cek kembali, apakah semua aplikasi yang kamu pasang tersebut betul-betul kamu pakai? Atau adakah aplikasi yang bisa kamu hapus agar ruang penyimpanan di smartphone tidak terlalu penuh?

Menghapus aplikasi-aplikasi yang jarang digunakan adalah salah satu cara untuk membuat smartphone awet. Gunakan smartphone sesuai kebutuhanmu, jadi jangan asal pasang aplikasi yang ternyata hanya memenuhi ruang penyimpanan saja. Perhatikan spesifikasi dari smartphone kamu dan gunakan dengan bijak ya.

Hindari Bermain Games Saat Sedang Mengisi Daya

Buat para pencinta games, mungkin tangan terasa gatal ya kalau tidak bermain games sehari saja. Ada juga orang yang hampir tidak bisa lepas bermain games, bahkan saat smartphone sedang diisi dayanya. Maka, men-charge sambil bermain games pun menjadi hal yang dianggap biasa. Apakah kamu salah satunya?

Kebiasaan bermain games saat kondisi baterai sedang diisi daya hanya akan membuat baterai smartphone cepat rusak. Baterai ini akan cenderung lebih mudah menggelembung akibat beban daya terlalu besar saat sedang di-charge. Jadi, sebisa mungkin hentikan kebiasaan main games sambil mengisi daya baterai kalau ingin smartphone awet.

Perlu kamu catat juga bahwa rata-rata aplikasi games lebih berpotensi menghabiskan RAM dan CPU dalam smartphone. Sementara, kamu masih bisa menggunakan aplikasi lain saat mengisi daya baterai karena ukurannya jauh lebih kecil daripada games. Pelan-pelan kurangi kebiasaan main games berlebih ya!

Gunakan Screen Protector agar Layar Smartphone Awet

Screen protector dapat menjaga layar sentuh smartphone-mu terhindar dari goresan-goresan. Selain itu, penggunaan screen protector dapat menyelamatkan layar LCD saat smartphone tidak sengaja jatuh. Pasti pernah kan kesal karena layar smartphone menjadi mudah retak gara-gara jatuh?

Goresan di layar smartphone juga kadang sering muncul karena ketidaksengajaan kukumu yang tergores. Goresan tersebut biasanya meninggalkan bekas yang menyebabkan layar smartphone tampak kotor dan cacat. Jadi, penggunaan screen protector sangat penting untuk menjaga smartphone awet.


Solusi Lengkap Download Aplikasi dan Games, Informasi Teknologi, Lifestyle dan Gadget