Senin

Bagian Rumah yang Harus Diperhatikan Saat Musim Hujan

Bagian Rumah yang Harus Diperhatikan Saat Musim Hujan
FEC Media

FedStyle.id - Seperti peribahasa “sedia payung sebelum hujan”, saat musim hujan tiba, sebaiknya kamu juga memperhatikan setiap bagian rumah, untuk menghindari kemungkinan buruk yang tidak diinginkan. Hal ini karena perubahan cuaca pada saat musim hujan dapat membuat beberapa bagian rumah menjadi rusak.


Dengan ancaman banjir dan bahaya kesehatan lainnya, sudah selayaknya mengecek kondisi rumah menjadi bagian dari kebiasaan kita saat musim hujan. Lalu, bagian rumah mana saja yang harus diperhatikan? Simak ulasan berikut.


Periksa Bagian Atap Rumah


Bagian rumah yang satu ini bisa di bilang bagian rumah paling utama yang harus dicek saat musim hujan. Hal ini karena atap rumah menjadi bagian pertama yang melindungi rumah dari curah hujan. Setiap pemilik rumah disarankan untuk mengecek kondisi atap, minimal satu tahun sekali untuk inspeksi keretakan, lubang, atau daerah yang berisiko rusak atau hancur. Jangan lupa, cek juga setiap material atap rumah dan bagian sekrup untuk memastikan kondisinya semua sudah pas. Jangan tunda reparasi jika dibutuhkan, sebelum menyesal di kemudian hari.


Cek Saluran Pembuangan Air


Bagian rumah selanjutnya yang harus kamu perhatikan saat musim hujan, adalah semua saluran pembuangan air yang ada. Dikarenakan dapat mempengaruhi kelancaran pembuangan air saat musim hujan, pastikan saluran got atau selokan di depan rumah dan sekitarnya sudah bersih dari sampah, terutama sampah plastik.


Selain itu, bagian seperti talang air juga wajib diperhatikan kondisi dan kebersihannya. Jika ada yang tersumbat, segera konsultasi dengan ahlinya dan jadwalkan perbaikan. Namun, apabila kondisi talang air mengalami kerusakan, segera ganti agar tidak menghambat aliran air.


Periksa Kondisi Sekeliling Rumah


Ada pohon besar atau tanaman lain di sekeliling rumah? Jika ada, pastikan tumbuhan tersebut tidak menjadi potensi kecelakaan saat musim hujan. Untuk menghindari kemungkinan buruk, kamu harus mengecek kondisi pohon atau tanaman saat musim hujan. Pangkas daun dan potong cabang yang mulai membesar.


Tak hanya itu, jika ada timbunan sampah di sekitar rumah, segeralah untuk membersihkannya. Timbunan sampah di sekitar rumah yang tidak diangkat atau dibersihkan dapat membuat rumahmu kebanjiran dan semakin kotor saat musim hujan. Buanglah sampah pada tempat sampah sesuai dengan prosedur pembuangan sampah yang benar.


Ilustrasi (Pixabay)

Periksa Langit-langit Rumah


Bagian luar rumah sudah aman? Sekarang saatnya berpindah ke bagian dalam rumah. Kamu bisa mulai memeriksa kondisi rumah dari bagian langit-langit. Pastikan tidak ada kebocoran atau pertanda air yang mulai merembes saat musim hujan. Ciri-ciri lain yang wajib diperhatikan pada bagian langit-langit rumah, seperti adanya bekas air, tumbuhnya jamur, atau perubahan warna. Jika hal itu terjadi, segera perbaiki atau meminta bantuan jasa tukang yang ahli.


Cek Pintu dan Jendela Rumah


Selanjutnya, pastikan pintu dan jendela rumahmu bisa menutup dengan sempurna. Setidaknya, jangan sampai ada air yang masuk dalam volume besar melalui celah pintu atau jendela saat musim hujan. Jika ditemukan bermasalah, segera lakukan perbaikan agar tidak ada lagi air hujan yang masuk dan mengotori rumahmu. 


Periksa Keran dan Pipa Air


Saat musim hujan, ada baiknya meluangkan waktu untuk mengecek dua bagian yang erat kaitannya dengan sumber dan aliran air di dalam rumah, yaitu keran dan pipa air. Jika diperlukan, ganti keran air apabila mulai rusak atau tidak bekerja dengan sempurna. Selain itu, pastikan juga tidak ada kebocoran dan kualitas air tetap baik untuk kebutuhan darurat saat musim hujan. Begitu juga halnya dengan pipa air. Pastikan pipa air tidak ada yang tersumbat atau bocor.


Cek Listrik di Rumah


Untuk urusan teknis rumah yang satu ini, ada baiknya diserahkan langsung kepada teknisi atau pakarnya yang lebih ahli. Namun, minimal kamu bisa mengecek dan mengetahui apakah posisi panel listrik sudah cukup tinggi dan tidak akan terendam banjir saat musim hujan. Selain itu, amankan juga perangkat listrik lainnya, seperti aneka jenis kabel listrik dan stop kontak dari kemungkinan terendam atau terciprat air saat musim hujan. Pengecekan listrik saat musim hujan ini bertujuan untuk menghindari korsleting listrik yang berisiko kebakaran. 


Cek Bagian Rumah yang Rentan Rayap


Tidak ada salahnya melakukan pengecekan rumah secara keseluruhan untuk antisipasi musim hujan. Saat musim hujan melanda, ada potensi serangan hama, seperti rayap yang bisa merusak furnitur atau bangunan yang menggunakan material kayu. Oleh karena itu, apabila di rumahmu ada banyak perabotan atau bagian yang menggunakan kayu, mulailah melakukan inspeksi dan gunakan anti rayap di bagian yang rentan terhadap rayap.


Itulah delapan bagian rumah yang wajib kamu cek saat musim hujan agar terhindar dari kerusakan. Jangan lupa, selalu jaga kesehatan dan kebersihan agar terhindar dari penyakit. Simpan juga dokumen penting di dalam lemari arsip yang aman. Semoga pembahasan di atas bermanfaat ya.

Solusi Lengkap Download Aplikasi dan Games, Informasi Teknologi, Lifestyle dan Gadget