Senin

Cara Tepat Mempercepat Menstruasi

Cara Tepat Mempercepat Menstruasi
FEC Media

FedStyle.id - Berlibur di pantai, berkemah di gunung, atau melakukan acara-acara spesial lainnya tentu lebih menyenangkan bagi wanita bila tidak sedang mengalami menstruasi. Itulah mengapa ada kalanya wanita ingin mempercepat haid, agar siklus bulanan tersebut tidak mengganggu kenyamanan pada saat-saat spesial.


Sebenarnya, tidak ada cara yang seratus persen bisa menjamin menstruasi datang lebih cepat. Namun, melakukan beberapa cara berikut sebelum waktu haid tiba, dipercaya bisa memicu haid datang sedikit lebih cepat. Siklus haid tiap wanita bervariasi. Umumnya, bisa terjadi antara 21 hingga 35 hari, namun rata-rata siklus haid adalah 28 hari. Satu-satunya metode yang efektif untuk mengubah siklus bulanan tersebut adalah dengan menggunakan kontrasepsi hormonal. Namun, cara-cara alami seperti diet, olahraga dan mengurangi stres juga bisa membantu mempercepat haid. Berikut cara-cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat haid.


1. Gunakan Kontrasepsi Hormonal


Menggunakan kontrasepsi hormonal, seperti Pil KB atau cincin vagina, adalah satu-satunya metode yang ampuh untuk mengendalikan siklus menstruasi. Pil kombinasi yang mengandung estrogen dan progestin, mampu mengontrol menstruasi secara efektif. Orang-orang yang mengonsumsi pil hormonal selama 21 hari, kemudian berhenti mengonsumsi selama tujuh hari, akan mengalami menstruasi dalam tujuh hari tersebut. Jadi, kamu bisa berhenti minum pil hormonal lebih awal agar menstruasi datang lebih awal. 


2. Olahraga


Olahraga ringan bisa mengendurkan otot, sehingga membantu mempercepat haid. Beberapa wanita mengalami menstruasi yang tidak teratur karena melakukan pola olahraga yang berat. Sementara berolahraga dalam jumlah yang sedang, bisa membantu memulihkan hormon yang dibutuhkan untuk mengembalikan siklus menstruasi yang teratur.


3. Relaksasi

Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa tingkat stres yang tinggi bisa menyebabkan menstruasi tidak teratur. Karena itu, menemukan cara untuk rileks dan menghilangkan stres membantu mempercepat haid, apalagi bila kamu menyadari bahwa penyebab menstruasi kamu terlambat adalah karena stres. Melakukan yoga yang menenangkan, menulis jurnal, meditasi, dan menghabiskan waktu bersama teman-teman dan orang yang dicintai, semuanya bisa membantu menurunkan kadar stres kamu, sehingga haid pun datang lebih teratur.


Ilustrasi (Pixabay)

4. Berhubungan Seks


Berhubungan seks dan orgasme juga membantu mempercepat haid. Kombinasi hormon yang dihasilkan selama aktivitas seksual dan kontraksi rahim selama orgasme bisa membantu melebarkan serviks dan membantu rahim mulai meluruhkan lapisannya.


5. Diet dan Menjaga Berat Badan


Perubahan berat badan seorang wanita bisa mempengaruhi siklus haid. Berat badan yang rendah bisa menyebabkan siklus haid tidak teratur atau bahkan bisa menyebabkan haid tidak datang sama sekali. Hal ini karena tubuh membutuhkan lemak untuk memproduksi hormon yang berhubungan dengan menstruasi. Memiliki berat badan berlebih atau mengalami perubahan berat badan yang tiba-tiba, juga bisa menyebabkan siklus haid tidak teratur. Jadi, menjaga berat badan yang sehat bisa menjadi cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga siklus haid tetap teratur dan mempercepat haid.


6. Konsumsi Vitamin C


Memperbanyak konsumsi vitamin C juga dipercaya bisa membantu mempercepat haid. Hal itu mungkin karena efek vitamin C terhadap kadar estrogen dan progesteron, hormon yang bertanggung jawab atas waktu siklus menstruasi. Kamu bisa meningkatkan asupan vitamin dengan mengonsumsi sayuran berdaun hijau, buah jeruk, dan brokoli. Bila kamu ingin mengonsumsi suplemen vitamin C, minumlah sesuai dosis yang dianjurkan. Pasalnya, terlalu banyak vitamin C juga bisa berdampak buruk bagi tubuh.


7. Kompres atau Mandi Air Hangat


Mandi air hangat bermanfaat untuk merilekskan otot yang tegang dan meredakan stres. Selain itu, kompres panas yang diletakkan di perut bagian bawah juga bisa meningkatkan aliran darah ke rahim, sehingga bisa mempercepat haid.


Itulah cara-cara tepat untuk mempercepat haid yang bisa kamu lakukan. Semoga bermansfaat dan tetap jaga kesehatan, ya!

Solusi Lengkap Download Aplikasi dan Games, Informasi Teknologi, Lifestyle dan Gadget