Sabtu

Ingin Traveling tapi Budget Minim? Coba Tips Traveling ala Backpacker Ini

Ingin Traveling tapi Budget Minim? Coba Tips Traveling ala Backpacker Ini
FEC Media

FedStyle.id - Traveling ke berbagai tempat dengan budget yang minimal tapi tetapi mengasyikkan, menjadi impian semua traveler. Traveling dengan biaya minim tapi tetap bisa berkeliling tujuan destinasi wisata sesuai keinginan, memang terdengar sangat mustahil. Tapi jangan khawatir. Keinginan itu bisa terjadi jika kamu niat untuk melakukannya. Lalu, dengan biaya yang murah, bagaimana tips traveling hemat ala backpacker? Simak ulasan di bawah ini, yuk!


1. Menentukan low season untuk jadwal traveling


Bagi para traveler, mempunyai rencana detail untuk mempersiapkan traveling merupakan hal utama. Kamu harus memperhitungkan dari jauh hari untuk menentukan jadwal keberangkatan, tahu kapan waktunya traveling murah dengan tiket promo yang banyak ditawarkan oleh berbagai media transportasi.


Menurut beberapa traveler, waktu yang tepat untuk liburan itu biasanya di bulan Januari, Februari, April, September dan Oktober. Karena pada bulan tersebut, tidak banyak orang yang bepergian alias waktu low season .Oleh karena itu, banyak harga tiket pesawat dan akomodasi menjadi lebih murah di bulan tersebut. Orang-orang umumnya berlibur pada liburan sekolah di bulan Juni atau Juli, atau menjelang pergantian tahun di bulan November dan Desember. 


2. Jangan pergi ke tempat tujuan umum para turis


Pergi ke tempat tujuan wisata yang banyak didatangi para traveler, sebenarnya kurang tepat. Biasanya, suatu tempat destinasi wisata akan naik ketika banyak yang mem-blow up destinasi wisata tersebut. Usahakan pilih tempat yang belum banyak diketahui banyak orang. Di sini peran explore sangat diutamakan. Harga tiket masuk juga akan lebih murah karena belum banyak diketahui banyak wisatawan.


Ilustrasi bacpacker. (Pixabay)

3. Manfaatkan teknologi untuk mendukung perjalanan


Di zaman teknologi canggih pada zaman sekarang ini, akan sangat disayangkan jika kamu tidak memanfaatkan teknologi, contohnya smartphone kamu. Hal ini terbukti bisa menghemat waktu dan juga biaya selama perjalanan. Misalnya, dengan menggunakan aplikasi Google Maps, kamu bisa mengukur biaya perjalanan saat menggunakan transportasi umum. Ada juga apliaksi Citymapper, yang bisa memberikan informasi berbagai transportasi umum di kota tujuan. Atau aplikasi Expensify, yang dapat membantu mengelola keuangan kamu selama perjalanan. Serta aplikasi pencarian tiket pesawat dan hotel yang menyediakan berbagai promo yang sedang berlangsung. Nah, jadi jauh lebih hemat dan efisien, kan1


4. Mengikuti grup komunitas backpacker


Dalam dunia traveling,para backpacker biasanya menciptakan sebuah network tersendiri. Keuntungannya adalah, semua traveler bisa sharing dan berdiskusi, baik dari rencana perjalanan, tiket masuk, akomodasi dan transportasi, bahkan destinasi wisata yang layak dikunjungi. Cobalah untuk mengetahui info tentang komnitas tersebut. Selain mendapatkan info tambahan, kamu juga bisa mendapatkan keluarga baru, karena sebagian besar para komunitas tersebut mengutamakan kekeluargakan. Pasti akan lebih menambah keseruan, bukan!


5. Ikuti program yang diadakan travel agent


Sekrang ini, banyak berjamuran travel agent yang memangkas biaya perjalanan lebih murah dalam sebuah paket wisata. Paket wisata murah memang banyak berjamuran dan juga banyak ditawarkan oleh para agen perjalanan, seperti Open Trip. Cobalah mengikuti program tersebut, jika kamu tidak ingin ribet mengurusi sendiri perjalanan kamu. Dengan mengikuti program tersebut, kamu lebih bisa fokus untuk berwisata tanpa memikirkan urusan perjalan dan akomodasi, karena semuanya include menjadi satu dalam urusan biaya dan akomodasi selama perjalanan.


6. Dokumentasikan setiap perjalanan


Dalam sebuah perjalanan, dokumentasi menjadi hal terpenting untuk mengabadikan setiap moment di saat kamu melakukan traveling. Jika kamu dalam sebuah perjalanan, abadikanlah moment-moment tertentu. Kamu dapat membagikan moment tersebut di media sosial, mulai dari perjalanan, transportasi info harga dan lainnya. Karena info tersebut sangat penting bagi semua traveler yang ingin melakukan perjalanan dengan biaya yang murah.


Traveling memang diperlukan untuk menyegarkan kembali pikiran dan otak. Silakan coba tips traveling hemat ala backpacker di atas, dan semoga perjalanan dan pengalaman liburan kamu menyenangkan, ya!

Solusi Lengkap Download Aplikasi dan Games, Informasi Teknologi, Lifestyle dan Gadget