Senin

Manfaat Buah Pisang untuk Janin, Ibu Hamil Wajib Tahu Ini

Manfaat Buah Pisang untuk Janin, Ibu Hamil Wajib Tahu Ini
FEC Media

FedStyle.id - Saat hamil, Ibu perlu mengonsumsi berbagai makanan bergizi untuk memastikan bayi di dalam kandungan mendapatkan semua nutrisi yang diperlukannya untuk tumbuh dan berkembang. Ibu dianjurkan untuk memperbanyak makan buah-buahan dan sayuran segar setiap hari, karena makanan tersebut penuh dengan nutrisi penting, seperti vitamin dan mineral yang baik untuk pertumbuhan janin.


Nah, salah satu buah yang sehat, enak, dan bergizi yang baik untuk dikonsumsi Ibu hamil adalah pisang. Buah tropis berwarna kuning ini mengandung vitamin esensial, mineral, karbohidrat dan serat, sehingga bisa memberi banyak manfaat untuk janin di dalam kandungan. Berikut ulasannya.


Manfaat Pisang untuk Janin


Pisang kaya nutrisi penting, seperti karbohidrat, serat makanan, asam lemak esensial seperti omega-3 dan omega-6, vitamin C, vitamin B kompleks, serta mineral penting seperti mangan, magnesium, kalium, kalsium, tembaga dan selenium. Semua nutrisi tersebut membantu perkembangan janin yang sehat selama masa kehamilan. 


1. Menurunkan risiko cacat lahir pada bayi


Pisang adalah sumber folat yang baik, yang diperlukan untuk perkembangan otak dan sumsum tulang belakang bayi. Makan pisang selama kehamilan dapat meningkatkan kadar folat dalam tubuh, sehingga mencegah Ibu hamil kekurangan folat yang diketahui bisa menyebabkan bayi lahir cacat atau lahir prematur.


2. Mendukung perkembangan sistem saraf bayi


Kaya akan vitamin B6 yang larut dalam air, pisang bisa mendukung perkembangan sistem saraf pusat janin. Mengonsumsi pisang secara teratur pada trimester pertama kehamilan terbukti bermanfaat bagi perkembangan otak janin juga.


3. Membantu perkembangan tulang


Pisang juga merupakan sumber kalsium yang sangat baik, yang diperlukan untuk perkembangan tulang, baik pada bayi maupun Ibu.


4. Membantu mencegah infeksi


Tidak hanya jeruk, pisang juga kaya akan vitamin C. Vitamin yang disebut juga asam askorbat ini, sangat penting untuk penyerapan zat besi dalam tubuh. Vitamin C juga membantu pertumbuhan tulang, memperbaiki jaringan, dan menjaga kesehatan kulit. Vitamin C juga merupakan antioksidan untuk membantu melawan infeksi. Dengan makan pisang selama masa kehamilan, Ibu dan janin bisa mendapatkan semua manfaat baik vitamin C.


Ilustrasi (Pixabay)

Aturan Makan Pisang yang Aman Selama Kehamilan


Pisang adalah buah yang aman untuk dikonsumsi selama kehamilan. Namun, Ibu hamil tetap dianjurkan untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang sedang. Pisang adalah buah yang manis, sehingga mengonsumsinya dalam jumlah berlebihan bisa menyebabkan kerusakan gigi. Ibu hamil bisa mengonsumsi 1-2 buah pisang berukuran sedang setiap hari.


Wanita hamil yang mengidap diabetes gestasional juga tidak boleh makan pisang terlalu banyak, karena bisa menyebabkan kadar gula meningkat dengan cepat. Jadi, bila Ibu hamil mengidap diabetes gestasional, sebaiknya bicarakan dulu dengan dokter kandungan sebelum makan pisang.


Wanita hamil yang alergi pisang juga harus menghindari mengonsumsi buah tersebut. Pisang mengandung kitinase, yang merupakan alergen yang menyebabkan sindrom buah lateks. Pastikan pisang yang akan Ibu konsumsi segar dan bersih. Hindari makan pisang yang sudah dibiarkan berhari-hari, terlalu matang atau sudah menghitam.


Itulah manfaat makan buah pisang untuk janin. Bila Ibu hamil ingin makan makanan tertentu tapi ragu apakah makanan tersebut baik dikonsumsi saat hamil atau tidak, coba konsultasikan ke dokter kandungan terlebih dahulu, ya!

Solusi Lengkap Download Aplikasi dan Games, Informasi Teknologi, Lifestyle dan Gadget