Sabtu

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan dan Kecantikan

 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan dan Kecantikan
FEC Media

FedStyle.id - Dibalik ukuran buahnya yang kecil, jeruk nipis ternyata menyimpan berbagai nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Selain terkenal karena kandungan vitamin C yang melimpah, jeruk nipis juga mengandung beberapa nutrisi lain seperti kadinen, minyak atsiri, vitamin C asam amino, glikosida, asam sitrun, dan juga lemak.


Karena kandungan nutrisinya yang beragam tersebut, buah jeruk nipis banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk mengobati berbagai macam penyakit. Buah yang “kecil-kecil cabe rawit” ini juga biasa dikonsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh, terutama karena kandungan vitamin C yang amat kaya. Selain dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan, jeruk nipis juga dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan, terutama untuk kecantikan kulit. 


1. Merawat kulit wajah 


Caranya adalah dengan mengusapkan air perasan jeruk nipis di wajah, lalu diamkan selama 15 menit. Setelah 15 menit, bilas wajah kamu dengan air sampai bersih. Cara ini dapat membuat kulit wajah kamu menjadi lebih bersih, halus, putih dan juga bisa digunakan untuk mengecilkan pori-pori kulit sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat. Jika kamu ingin membuat kulit wajah kamu menjadi kenyal dan juga bersih, kamu dapat mencampurkan perasan jeruk nipis dengan putih telur, lalu oleskan pada wajah. Setelah olesan jeruk nipis dan putih telur tersebut mengering, segera bilas dengan air hangat sampai bersih. Selain kulit wajah, kamu juga dapat menggunakan jeruk nipis untuk membersihkan kotoran kulit (daki) di bagian tubuh lainnya.


2. Solusi untuk diet


Zat limonin yang terkandung dalam jeruk nipis dapat meminimalisir produksi kolesterol dan lemak dalam tubuh. Jadi, jika ingin tubuh kamu semakin langsing, rutinlah mengonsumsi jeruk nipis. Disarankan untuk mencampurkan sedikit perasan air jeruk nipis dengan air yang sudah ditambahkan gula secukupnya. Kamu hanya tinggal meminum larutan tersebut tiap malam hari dan rasakan perbedaannya pada perut kamu. Namun, jangan lupa untuk tetap menjaga jumlah makanan yang kamu konsumsi, karena faktor inilah yang paling mempengaruhi bentuk tubuh kamu.


Ilustrasi (Pixabay)

3. Merawat kesehatan rambut


Jeruk nipis juga bisa kamu gunakkan untuk merawat kesehatan rambut, sekaligus untuk mengatasi beberapa masalah rambut seperti kulit kepala berminyak, rambut berketombe, rontok, dan rambut yang sulit diatur. Caranya cukup simpel, hanya dengan membasuh rambut dengan air hangat yang sudah dicampur dengan air perasan jeruk nipis. Setelah itu, diamkan rambut sebentar dan bilas lagi dengan air dingin sampai bersih (dianjurkan untuk memakai shampo). 


4. Mengobati batuk


Manfaat lainnya dari jeruk nipis adalah untuk mengobati batuk. Caranya sangat mudah, kamu hanya tinggal menyediakan satu setengah sendok kecap, juga satu buah jeruk nipis, dan sedikit garam. Setelah itu, campurkan perasan jeruk nipis tersebut dengan kecap dan juga garam, lalu minum sebanyak satu sendok makan. Minum ramuan ini dua kali sehari, maka batuk kamu akan dengan cepat sembuh.


5. Mengobati sembelit 


Jika kamu mengalami sembelit yang tak kunjung sembuh, kamu bisa gunakan jeruk nipis untuk mengobatinya. Caranya adalah dengan mencampurkan air perasan jeruk nipis dengan dua sampai empat siung bawang merah yang telah dihaluskan, lalu ditambah dengan buah asam dan juga satu sendok makan minyak kayu putih. Setelah itu, oleskan ramuan tersebut di bagian perut.


6. Mengobati demam 


Caranya hampir sama dengan tips di atas, yaitu dengan menggunakan campuran jeruk nipis, bawang merah, minyak kayu putih, dan minyak kelapa. Siapkan dua sampai empat siung bawang merah yang telah dihaluskan, lalu tambah setengah sendok minyak kayu putih dan juga setengah sendok minyak kelapa, dan ditambahkan perasan jeruk nipis. Setelah semua bahan dicampurkan, gunakan ramuan tersebut untuk mengkompres anggota keluarga yang sedang demam.

Solusi Lengkap Download Aplikasi dan Games, Informasi Teknologi, Lifestyle dan Gadget