Senin

Ngorok Pertanda Gangguan Kesehatan, Cek Faktanya

Ngorok Pertanda Gangguan Kesehatan, Cek Faktanya
FEC Media

FedStyle.id - Mendengkur alias ngorok memang kondisi yang umum terjadi pada siapa pun, baik pria maupun wanita dengan berat badan berlebih. Masalah ini juga bisa semakin parah seiring bertambahnya usia seseorang. Jika terjadi sesekali saja, mendengkur tidak perlu dikhawatirkan. Namun jika terjadi setiap waktu tidur, kondisi tersebut bisa menjadi pertanda adanya gangguan kesehatan. Mendengkur terjadi saat aliran udara yang melewati mulut dan hidung terhalang oleh sesuatu. Nah, berikut ini beberapa masalah kesehatan yang menjadi penghalang aliran udara tersebut.


1. Obesitas


Obesitas atau memiliki berat badan berlebihan menjadi salah satu penyebab tidur mendengkur. Hal tersebut terjadi karena banyaknya lemak yang tertimbun di sekitar tenggorokan, hingga membuat jalur napas menyempit dan menimbulkan suara dengkuran.


2. Gangguan pada hidung


Gangguan pada hidung menjadi penyebab tidur mendengkur selanjutnya. Kondisi tersebut terjadi karena adanya sekat pada area lubang hidung yang membengkok.


3. Melemahnya otot tenggorokan dan lidah


Jika otot tenggorokan dan lidah terlalu lemah, posisinya bisa saja berbalik dan menutupi jalur pernapasan. Penyebab lemahnya kedua otot ini, yaitu tidur pulas, mengonsumsi alkohol, penggunaan obat tidur, atau usia yang sudah tua.


4. Besarnya jaringan tenggorokan


Seseorang dengan obesitas memiliki jaringan tenggorokan yang lebih besar. Kondisi tersebut dapat menyebabkan terhalangnya aliran udara, sehingga muncul suara mendengkur saat tidur.


Ilustrasi (Pixabay)

5. Bentuk uvula yang panjang dan lunak


Uvula merupakan jaringan yang tergantung pada bagian belakang mulut. Jika bentuknya terlalu panjang dan lunak, maka jalur antara hidung dan tenggorokan menjadi lebih sempit dan bergetar saat udara melaluinya.


6. Mengidap pilek atau alergi


Penyebab tidur mendengkur yang terakhir adalah pilek atau alergi. Kedua penyakit tersebut dapat memicu penyumbatan saluran napas di area hidung, dan pembengkakan pada tonsil (amandel). 


Selain beberapa kondisi di atas, mendengkur bisa disebabkan oleh posisi tidur yang salah. Mendengkur biasanya terjadi saat tidur dalam posisi telentang. Kondisi tersebut disebut dengan dengkuran "side dependent". Untuk mengatasinya, kamu hanya perlu mengubah posisi tidur ke sisi miring.


Jika penyebab tidur mendengkur bukan posisi tidur yang salah, bisa jadi kamu tengah mengidap kondisi kesehatan tertentu. Berkaitan dengan hal tersebut, diskusikan dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut, ya. 


Atasi dengkuran dengan cara alami


Mendengkur sudah pasti dapat diatasi dengan langkah medis yang tepat. Namun sebelum memilih untuk menempuh langkah medis, berikut ini cara alami untuk mengatasi dengkuran:


  • Tidur dalam posisi miring, gunakan bantal agar posisi kepala lebih tinggi dari posisi badan.
  • Sebelum tidur, jangan lupa untuk membersihkan saluran pernapasan dan hidung yang tersumbat.
  • Jaga kelembapan udara di dalam kamar, jangan terlalu kering. Gunakan Humidifier jika diperlukan.
  • Diet sehat untuk menurunkan berat badan.
  • Berhenti merokok, dan tidak mengonsumsi alkohol.


Itulah beberapa gangguan kesehatan yang menjadi penyebab tidur mendengkur, beserta cara alami untuk mengatasinya. Jika sejumlah cara alami tersebut tidak dapat mengatasi masalah yang kamu alami, silakan periksakan diri di rumah sakit terdekat untuk mendapatkan langkah perawatan yang tepat, ya.

Solusi Lengkap Download Aplikasi dan Games, Informasi Teknologi, Lifestyle dan Gadget