Sabtu

Rencanakan Masa Depan dengan Investasi

Rencanakan Masa Depan dengan Investasi
FEC Media

FedStyle.id - Dalam kondisi ekonomi yang mungkin sedang recovery dari masa pandemi ini, kita harus memiliki berbagai investasi yang bisa dijadikan aset agar lebih terarah dan bisa digunakan untuk masa yang akan datang. Ada berbagai jenis investasi yang bisa kita jumpai. Dari berbagai jenis investasi tersebut, tentunya kita harus memilih investasi mana yang kira-kira akan menghasilkan keuntungan di kemudian hari.


Untuk memberikan solusi di masa yang akan datang, kita harus mengetahui investasi apa yang cocok dan seusai dengan kemampuan kita. Sebenarnya, banyak jenis investasi seperti investasi dana, investasi tanah, investasi modal, dan lain sebagainya. Dari semua jenis investasi tersebut, ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang bisa dilihat. Dan pemilihan investasi tepat merupakan kunci yang akan menentukan keberhasilan keuntungan yang didapatkan.


Apa sebenarnya investasi itu?


Banyak orang yang sering mendengar kata investasi, akan tetapi tidak tahu bagaimana jika mereka ingin berinvestasi dengan mudah dan aman, dan tentunya tidak merugikan. Hal ini menjadi sebuah pelajaran sangat dasar dan yang wajib diketahui tentang arti dari kata investasi.


Investasi adalah kegiatan menyimpan dana pada jangka waktu dan periode tertentu, dengan harapan menghasilkan keuntungan atau peningkatan nilai investasi. Pada investasi tertentu, peningkatan nilai bisa lebih cepat dan bisa juga lebih lambat. Orang yang melakukan investasi disebut pemodal atau lebih sering kita kenal dengan sebutan investor dalam dunia bisnis.


Manfaat investasi untuk masa depan


Penting untuk melakukan investasi sejak awal, untuk mempersiapkan kebutuhan yang direncanakan dan tidak direncanakan di masa depan. Dengan berinvestasi, kamu akan mendapatkan penghasilan tambahan tanpa harus memulai bisnis sendiri. Semakin awal kamu mulai berinvestasi, semakin besar keuntungan yang akan kamu peroleh, karena efek ekspansi tersebut.


Ilustrasi (Pixabay

Manfaat investasi yang bisa didapatkan


1. Menghambat terjadinya inflasi


Hampir setiap tahun inflasi terjadi. Hal ini umum terjadi karena nilai suatu barang akan terjadi penyusutan di setiap negara. Situasi ini membuat nilai uang selalu jatuh. Untuk menghindari situasi ini, tingkat tabungan harus lebih tinggi dari tingkat inflasi. Namun, saat ini suku bunga tabungan relatif rendah dan belum dapat memenuhi kenaikan tingkat inflasi. Oleh karena itu, investasi merupakan salah satu cara untuk menghindari dampak inflasi. Dengan pengelolaan investasi yang baik, kamu dapat meningkatkan pertumbuhan mata uang untuk mengatasi tingkat inflasi yang tinggi.


2. Nilai uang bertambah tinggi


Melalui investasi, kamu dapat mengelola dana kamu sendiri, serta meningkatkan nilai dana yang kamu miliki. Dalam jangka panjang, uang kamu akan lebih menguntungkan. Misalnya, jika kamu berinvestasi emas, dalam jangka panjang harga emas akan naik. Jika kamu belum tahu bagaimana cara berinvestasi emas, sebaiknya kamu segera cari tahu cara menabung emas yang bisa dilakukan sebelum terlambat.


3. Memiliki sumber penghasilan tambahan


Jika kamu seorang pegawai atau karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan, tidak ada salahnya jika kamu mencoba untuk menyisihkan sebagian penghasilan untuk melakukan investasi. Sehingga kelak kamu akan mendapatkan penghasilan tambahan dari keuntungan berinvestasi. Hal ini tentu akan sedikit meringankan kebutuhan bulanan yang terkadang pas atau kurang. Oleh karena itu, jika berinvestasi, kita dapat menghindari hal tersebut. 


4. Persiapan kebutuhan masa depan


Sebagai seorang karyawan maupun pebisnis, tentu tujuan akhir kita adalah menikmati hasil bekerja di saat tua nanti. Dengan melakukan investasi dari berbagai jenis, kita bisa mendapatkan penghasilan yang bisa kita nikmati saat hari tua nanti. Selain itu, kebutuhan sekolah anak juga bisa teratasi karena penghasilan akan bertambah sesuai dengan bertumbuhnya nilai investasi. Semakin banyak kita berinvestasi, maka semakin banyak pula hasil yang akan kita dapatkan di masa yang akan datang.


Dengan melakukan investasi, baik investasi jangka pendek maupun jangka panjang, maka kita akan memiliki beberapa keuntungan yang bisa didapatkan. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mencoba untuk melakukan investasi mulai dari nilai yang kecil, dan jika sudah merasa mahir dalam melakukan investasi, bisa mencoba untuk melakukan investasi yang bernilai besar.

Solusi Lengkap Download Aplikasi dan Games, Informasi Teknologi, Lifestyle dan Gadget