Selasa

Sepuluh Jenis Makanan untuk Meningkatkan Kesehatan Wanita

Sepuluh Jenis Makanan untuk Meningkatkan Kesehatan Wanita
FEC Media

Fedstyle.id - Siapa yang tidak ingin memiliki tubuh sehat dan menarik? Terutama bagi wanita, ini tentunya menjadi hal utama yang perlu mendapat perhatian.


Cara paling mudah untuk menjaga tubuh tetap sehat, adalah mengkonsumsi makanan tertentu. Terdapat sejumlah jenis makanan yang dapat meningkatkan kesehatan wanita agar lebih sehat, bugar, glowing, dan tetap awet muda.


Para wanita harus tahu bahwa ada sejumlah penyakit yang lebih rentan menyerang seperti kanker payudara, kanker rahim, dan penyakit autoimun. Ini dapat terjadi karena adanya perbedaan anatomis dan kondisi hormonal.


Selain itu, wanita juga memiliki beberapa fase yang berbeda dalam hidupnya, seperti masa subur, kehamilan, melahirkan, dan menopause. Itulah sebabnya, wanita harus memperhatikan asupan nutrisinya demi meningkatkan kesehatan. 


Dilansir dari klikdokter.com, tedapat beberapa makanan yang dapat menunjang kesehatan wanita:


Ilustrasi (Shutterstock)

1. Brokoli


Brokoli mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan wanita. Brokoli kaya akan vitamin A, C, serat, kalium, kalsium, dan zat besi. Brokoli dapat membantu mencegah kanker payudara. Selain itu, kandungan asam folatnya baik untuk kesehatan wanita, terutama saat merencanakan kehamilan.


2. Bayam


Tak beda jauh dengan brokoli, bayam juga mengandung vitamin C dan kalsium. Selain itu, bayam tinggi akan vitamin A, K, magnesium, dan lutein yang baik untuk kesehatan mata dan tulang.


3. Salmon


Ikan laut ini sangat kaya akan asam lemak omega-3, terutama DHA dan EPA. Kedua jenis asam lemak ini langsung dapat digunakan oleh tubuh untuk meningkatkan kesehatan membran setiap sel tubuh. Nutrisi yang dimiliki ikan salmon diyakini dapat melindungi wanita dari berbagai penyakit seperti penyakit jantung, stroke, lupus, dan reumatoid artritis.


4. Kacang–kacangan


Selain rendah lemak, kacang–kacangan juga kaya akan protein, kalsium, magnesium, omega-3, dan serat yang baik untuk kesehatan wanita. Selain itu, kacang–kacangan juga dapat menstabilkan hormon kewanitaan berkat kandungan isoflavon. Kandungan tersebut dapat mengontrol gejala PMS, pra menopause, dan menopause. Kacang-kacangan juga memiliki efek perlindungan terhadap kanker payudara dan penyakit jantung.


5. Blueberry


Salah satu keluarga buah berry ini memiliki kandungan antioksidan tinggi. Salah satunya adalah antosianin yang bagus untuk mencegah penuaan dini pada wanita. Selain itu, blueberry juga kaya akan vitamin C dan asam folat, sehingga baik untuk dikonsumsi selama kehamilan.


6. Alpukat


Alpukat kaya akan asam lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, asam lemak tak jenuh juga dapat meningkatkan kesehatan wanita, dengan membantu menurunkan berat badan dan mengurangi lemak di perut. Alpukat juga tinggi akan kalium, magnesium, asam folat, protein, serta vitamin B6, E, dan K.


7. Yoghurt


Produk olahan susu hasil fermentasi ini sudah sejak lama dikenal sebagai makanan pendongkrak kesehatan. Kandungan bakteri probiotik pada yoghurt sangat baik untuk pencernaan, mengurangi peradangan, dan meningkatkan imunitas. Yoghurt juga baik untuk mencegah penyakit pencernaan, yaitu irritable bowel syndrome (IBS), yang sering dialami wanita. Selain itu, konsumsi yoghurt juga dapat membantu mengatasi gejala pada organ kewanitaan, misalnya keputihan.


8. Tomat


Senyawa yang menjadikan tomat begitu unggul adalah likopen. Likopen merupakan antioksidan yang dapat melindungi wanita dari kanker serviks dan kanker payudara. Konsumsi tomat yang sudah dimasak dapat berperan sebagai tabir surya alami untuk kulit. Tak cuma itu, kandungan polifenol dalam tomat juga dapat membantu mengencerkan darah, sehingga baik untuk kesehatan jantung.


9. Apel


Apel mengandung kuersetin, yaitu jenis antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Bagi wanita yang menjalani diet, makan apel bisa membantu memenuhi nutrisi selama diet, sekaligus membantu menurunkan berat badan.


10. Susu rendah lemak


Susu rendah lemak banyak mengandung kalsium dan vitamin D, yang artinya berkontribusi dalam menjaga kesehatan tulang, terutama dari ancaman osteoporosis alias pengeroposan tulang. Ini penting karena wanita diketahui lebih rentan mengalaminya. Selain itu, kebutuhan vitamin D yang tercukupi juga berperan penting dalam kesuburan wanita. Susu rendah lemak juga mengandung kalium, vitamin B12, dan riboflavin yang dapat mencerahkan kulit tanpa membuat angka timbangan naik.


Mengonsumsi makanan untuk meningkatkan kesehatan wanita seperti yang sudah disebutkan di atas, dan menjaga pola makan bergizi seimbang saja sebetulnya kurang maksimal. Optimalkan juga dengan rutin olahraga, tidur cukup, dan mampu mengelola stres dengan baik, agar para wanita terlindungi dari berbagai penyakit berbahaya.

Solusi Lengkap Download Aplikasi dan Games, Informasi Teknologi, Lifestyle dan Gadget