Senin

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Rempah-rempah Ini

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Rempah-rempah Ini
FEC Media

FedStyle.id - Imunitas tubuh yang kuat menjadi senjata utama dalam menghadapi kondisi saat ini, terutama covid-19 yang sedang mewabah. Dengan memiliki imunitas tubuh yang kuat, virus yang mungkin masuk ke dalam tubuh akan sulit berkembang, sehingga kondisi tubuh kita tidak terserang penyakit.


Ada banyak cara untuk meningkatkan imunitas tubuh, seperti menyantap berbagai menu makanan sehat dengan asupan gizi seimbang. Tentu saja pola makan tersebut juga harus diimbangi dengan olahraga yang teratur dan waktu tidur malam yang cukup. Selain hal-hal tersebut, memperkuat imunitas tubuh dengan memberi tubuh asupan vitamin juga sangat dianjurkan. Tidak harus selalu mengonsumsi multivitamin dengan harga yang tinggi, berbagai ramuan rempah-rempah asli nusantara pun bisa menjadi pilihan.


Lalu, apa saja rempah-rempah yang bisa membuat imunitas tubuh meningkat? Berikut ini, delapan pilihan rempah-rempah yang bisa kamu coba, untuk meningkatkan imunitas tubuh. Tidak hanya mendapatkan rasanya yang khas dan enak, jika diolah dengan tepat, khasiatnya pun dijamin mujarab. Yuk, langsung saja intip di bawah ini.


Lada


Sudah tidak asing dipakai sebagai bumbu masak, ternyata rempah-rempah mungil yang satu ini juga ampuh meningkatkan daya tahan tubuh, lho! Lada memiliki kandungan antioksidan dan anti-inflamasi yang tinggi. Dengan demikian, kandungan tersebut mampu memperbaiki segala kerusakan yang ada pada tubuh. Kandungan lada juga mampu membuat tubuh lebih tahan terhadap radikal bebas. Tak hanya untuk kesehatan, lada juga bisa dimanfaatkan untuk urusan rumah tangga, salah satunya untuk mengusir kucing.


Temulawak


Berbagai penelitian menyatakan bahwa rempah-rempah yang kerap dijadikan sebagai jamu ini memiliki kandungan curcumin yang tinggi, sehingga mampu meningkatkan sistem serotonin dan dopamin. Jika kedua sistem tersebut meningkat, kamu akan lebih merasa bahagia dan tidak mudah khawatir. Alhasil, imunitas tubuh pun bisa meningkat karena dipicu pikiran yang bebas dari rasa cemas dan stres.


Ilustrasi (Pixabay)


Jahe


Kandungan antioksidan dan anti-inflamasi pada rempah-rempah yang satu ini juga cukup tinggi, sehingga mampu menjaga tubuh dari berbagai serangan penyakit. Terlebih lagi, jahe memiliki kandungan senyawa gingerol yang mampu meringankan gejala flu dan batuk, yang mana kedua gejala tersebut erat dikaitkan dengan ciri-ciri gejala covid-19.


Kencur


Secara umum, rempah-rempah yang kerap menjadi bahan utama untuk membuat racikan jamu beras kencur ini, memiliki berbagai macam kandungan minyak atsiri, seperti etil alkohol dan sineol. Zat-zat tersebut mampu menghilangkan lendir penyumbat hidung yang kerap dialami oleh orang yang memiliki gejala radang tenggorokan. Anti-bakteri yang terdapat dalam kencur, juga mampu memperbaiki fungsi pernapasan dan pencernaan.


Kayu Manis


Rempah-rempah dengan wangi khas ini memiliki sifat anti-bakteri dan anti-jamur yang bisa menghindarkanmu dari berbagai serangan penyakit mematikan. Tidak hanya itu, kandungan anti-inflamasi pada kayu manis juga mampu menurunkan berbagai gejala penyakit yang kamu alami. Dengan begitu, tubuh akan terasa lebih bugar.


Serai


Rempah-rempah yang satu ini memiliki kemampuan untuk membuang racun berbahaya yang ada di dalam tubuh. Dengan rutin menyantap serai, imunitas tubuh akan lebih terjaga. Kaya akan antioksidan dan flavonoid, rempah-rempah yang sangat enak jika diminum dengan satu gelas teh hangat ini, juga mampu meningkatkan fungsi organ tubuh vital seperti ginjal dan hati. Dengan organ tubuh yang terjaga, kemampuan tubuh dalam melawan virus juga akan lebih kuat.


Kunyit


Rempah-rempah lainnya yang memiliki kandungan curcumin tinggi adalah kunyit. Curcumin yang terkandung pada kunyit mampu membuat daya tahan tubuh lebih terjaga. Selain itu, kandungan curcumin ini juga mampu meningkatkan kerja otak. Kinerja otak yang maksimal akan membuat imunitas tubuh juga meningkat.


Cengkih


Jika ingin mengonsumsi rempah-rempah ini untuk meningkatkan daya tahan tubuh, carilah cengkih yang masih memiliki kuncup bunga kering. Hal ini karena cengkih semacam itu mengandung senyawa yang ampuh meningkatkan kekebalan tubuh dari berbagai serangan penyakit. Selain itu, pada umumnya cengkih mengandung eugenol yang bisa mengurangi infeksi pada tubuh.


Kita patut bersyukur karena Indonesia memiliki berbagai macam rempah-rempah yang baik untuk kesehatan dan mudah diperoleh. Oleh karena itu, mari manfaatkan sumber daya alam tersebut untuk meningkatkan imunitas tubuh, agar kamu tetap sehat senantiasa.


Selain mengonsumsi rempah-rempah dan makanan bergizi, jangan lupa untuk selalu mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer secara berkala, agar terhindari dari berbagai bakteri dan virus, termasuk virus corona atau covid-19.

Solusi Lengkap Download Aplikasi dan Games, Informasi Teknologi, Lifestyle dan Gadget