Senin

Tingkatkan Kesuburan Pria, Coba Lima Olahraga Ini

 Tingkatkan Kesuburan Pria, Coba Lima Olahraga Ini
FEC Media

FedStyle.id - Olahraga memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah meningkatkan kesuburan pria. Dengan kata lain, rutin berolahraga mampu meningkatkan peluang kehamilan bagi pasangan yang ingin segera memiliki momongan. Namun, olahraga jenis apa yang disarankan untuk meningkatkan kesuburan pria? Dirangkum dari Halodoc, berikut ini beberapa jenis olahraga tersebut.


1. Olahraga ringan


Jika kamu belum terbiasa berolahraga, disarankan untuk memulai aktivitas dari olahraga ringan, seperti berenang. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu perlu melakukannya secara rutin selama 30 menit setiap hari, atau setidaknya lima kali dalam seminggu. Lakukan beberapa putaran saja per sesi. Meskipun terbilang ringan, tetapi berenang dapat meningkatkan kualitas sperma, loh.


2. Joging


Dari hasil penelitian, joging dinilai dapat membantu meningkatkan kecepatan, bentuk, dan volume sperma seorang pria. Aktivitas ini melibatkan kekuatan, fleksibilitas dan keseimbangan, sehingga dapat meningkatkan kadar antioksidan yang bersifat melindungi sperma. Bukan itu saja, joging juga efektif dalam menurunkan lemak tubuh, khususnya lemak perut. Hal tersebut dapat meningkatkan kadar hormon testosteron pada pria.


Ilustrasi (Shutterstock)

3. Angkat beban


Olahraga angkat beban yang dilakukan setidaknya dua jam atau lebih dalam seminggu efektif, dapat meningkatkan jumlah sperma hingga 25 persen. Tak hanya itu, penelitian juga mengatakan bahwa angkat beban mampu meningkatkan kadar testosteron dan meningkatkan sensitivitas insulin yang berkaitan dengan konsentrasi sperma yang lebih tinggi.


4. Treadmill


Olahraga lainnya untuk meningkatkan kesuburan pria adalah treadmill. Untuk mendapatkan manfaatnya, lakukan olahraga ini setidaknya tiga sesi per 50 menit dalam seminggu. Jika dilakukan secara rutin, olahraga ini dapat meningkatkan jumlah dan motilitas sperma, bahkan pada pria dengan obesitas dan gaya hidup tidak aktif bergerak.


5. Yoga atau Pilates


Cara meningkatkan kesuburan pria yang terakhir adalah dengan melakukan yoga atau pilates. Meskipun kedua jenis olahraga tersebut lebih sering dilakukan oleh wanita, bukan berarti pria tidak boleh melakukannya, ya. Yoga dan pilates merupakan kombinasi latihan kardiovaskular yang dapat meningkatkan kesehatan mental dan fisik secara keseluruhan. Hal tersebut mencakup pada mobilitas dan produksi sperma. Beberapa pose yoga juga dinilai dapat membantu melancarkan sirkulasi darah sekaligus menyeimbangkan zat kimia dalam tubuh, yang berujung pada meningkatkan hormon testosteron pada pria. Kedua latihan tersebut dapat meningkatkan gairah seksual, sehingga mempengaruhi peluang kehamilan. 


Itulah beberapa olahraga yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesuburan pria. Meskipun terbukti efektif, kamu tidak disarankan untuk melakukannya secara berlebihan, ya. Jika dilakukan secara berlebihan, alih-alih sehat, kamu justru bisa saja mengalami sejumlah masalah kesehatan. Di samping olahraga, kamu bisa menunjang kesehatan tubuh dengan mengonsumsi suplemen atau multivitamin yang dibutuhkan.

Solusi Lengkap Download Aplikasi dan Games, Informasi Teknologi, Lifestyle dan Gadget