Rabu

Yuk Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi 11

Yuk Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi 11
FEC Media


Xiaomi telah merilis smartphone flagship terbarunya, Mi 11 untuk pasar Indonesia pada Maret 2021 lalu. Ini merupakan flagship kedua Xiaomi yang dirilis di Indonesia setelah Mi 10 pada 2020 lalu.

 

Spesifikasi Mi 11 patut membawanya pada jajaran smartphone flagship terbaik saat ini. Salah satunya karena smartphone ini menggunakan chipset Snapdragon 888 yang merupakan chipset paling baru dan terbaik dari Qualcomm.

 

Sekilas melihat spesifikasinya Anda pasti tertarik untuk membeli perangkat ini bukan? Namun sebelum menentukan beli atau tidak, ada baiknya Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan Mi 11 yang akan dibahas berikut ini.

 

Xiaomi Mi 11. (ANTARA/HO)

Kelebihan Mi 11

 

Sebagai smartphone kelas flagship, Mi 11 tentu hadir dengan spesifikasi yang mumpuni serta peningkatan dari seri sebelumnya.

 

1. Ditenagai chipset tercanggih saat ini; Snapdragon 888


Snapdragon 888 merupakan chipset terbaru dan tercanggih besutan Qualcomm dan Mi 11 adalah smartphone pertama di Indonesia yang dirilis menggunakan prosesor ini.

 

Chipset Snapdragon 888 ini memiliki performa yang begitu kencang berkat prosesor octa core-nya yang tidak main-main, yaitu 1 core kencang 2,84 GHz ARM Cortex-X1, 3 core medium 2,4 GHz ARM Cortex-A78, dan 4 core hemat daya 1,8 GHz ARM Cortex-A55. Chipset ini juga memiliki standar fabrikasi baru 5 nm. Dengan chipset ini, bermain game berat sekalipun akan terasa lancar-lancar saja. Apalagi jika hanya dipakai untuk aktivitas sehari-hari, dijamin mulus deh!

 

2. Layar besar dengan refresh rate 120Hz


Meski tidak dikhususkan sebagai smartphone gaming, namun spesifikasi Mi 11 juga sangat mendukung untuk Anda yang suka bermain game online. Selain chipsetnya yang gahar, smartphone ini juga dibekali layar AMOLED berukuran 6,81 inci yang menawarkan pengalaman visual yang memanjakan mata.

 

Selain itu, layarnya juga sudah dibekali refresh rate 120 Hz yang memberikan pengalaman menggunakan smartphone yang luar biasa. Dengan refresh rate di angka ini, scrolling dalam aplikasi, menonton video maupun main game akan terasa lebih smooth.

Sebagai info, pendahulunya, Mi 10 hanya dibekali refresh rate 90Hz sehingga ini merupakan peningkatan yang signifikan dan keren.

 

3. Layar AMOLED Quad HD+


Sedikit disinggung di poin sebelumnya, Mi 11 memang dibekali dengan layar AMOLED yang begitu ciamik dengan resolusi Quad HD+ atau 1.440 x 3.200 piksel.

Selain itu Xiaomi juga mengklaim jika Mi 11 mampu menyajikan tampilan visual hingga satu miliar warna. Perpaduan fitur pada layar Mi 11 menjadikan pengalaman menggunakan Mi 11 menjadi lebih menyenangkan.

 

4. Kamera yang mumpuni


Mi 11 hadir dengan tiga kamera belakang dengan kamera utama beresolusi 108MP, kamera ultra wide 13 MP dan kamera macro 5MP.

 

Meski jumlah kameranya hanya tiga, lebih sedikit dari smartphone saat ini yang banyak sudah menggunakan quad atau empat kamera, namun kemampuan Mi 11 untuk mengambil foto berkualitas juga tak bisa dianggap sebelah mata.

 

Kamera Mi 11 dibekali berbagai fitur menarik, seperti Night mode untuk kamera utama, kamera ultra wide dan kamera depan. Ada juga magic zoom, night time-lapse, slow shutter, parallel world, time freeze dan freeze frame. Ada juga fitur Voice Isolation yang bantu menghasilkan hasil video dengan audio yang lebih bersih.

 

5. Audio dari Harman Kardon


Untuk audionya, Mi 11 datang untuk memanjakan penggunanya dengan dual speaker premium yang dibuat khusus oleh ahli dari Harman Kardon. Peningkatan di bagian audio ini akan memberikan Anda pengalaman mendengarkan lagu, menonton video hingga bermain game yang lebih bombastis.

 

Kekurangan Mi 11

 

Tentu tidak ada produk yang sempurna, termasuk smartphone flagship Mi 11 ini. Berikut ada beberapa kekurangan Mi 11 yang juga harus Anda ketahui.

 

1. Kapasitas baterai lebih kecil dari Mi 10


Jika dibandingkan dengan pendahulunya, baterai Mi 11 jauh lebih kecil kapasitasnya dibandingkan baterai Mi 10. Mi 11 dibekali dengan baterai berkapasitas 4.600 mAh, sedangkan Mi 10 hadir dengan baterai 4.780 mAh.

 

2. Tidak ada lensa zoom


Meski memiliki spesifikasi kamera yang mumpuni, namun Xiaomi tidak memberikan lensa zoom atau lensa telephoto untuk smartphone flagshipnya ini.

Namun demikian hasil foto menggunakan Mi 11 tetap berkualitas tinggi dengan berbagai fitur kamera yang dimilikinya, meski tanpa lensa telephoto.

 

3. Tidak ada slot microSD


Meski memori penyimpanan yang ditawarkan Mi 11 sudah besar, yaitu 256GB untuk memori internal, namun sayangnya Xiaomi tidak melengkapi flagshipnya ini dengan slot microSD untuk menambah kapasitas memori.

 

Yang menariknya, meski berada di level flagship, namun harga Mi 11 tergolong masih lebih murah dibanding kompetitornya yang juga memiliki smartphone flagship. Hal ini sesuai dengan komitmen Xiaomi yang menghadirkan smartphone flagship dengan harga terbaik sehingga bisa dijangkau lebih banyak orang.


Harga Mi 11 di Indonesia saat ini adalah Rp 9.999.000 untuk varian 8GB/256GB. Khusus penjualan di Indonesia sudah termasuk charger GaN 55W. Bagaimana, masih tertarik ingin membeli Mi 11 untuk mengganti perangkat smartphone Anda? Semoga info di atas bermanfaat dalam membantu Anda memutuskan akan beli atau tidak perangkat ini ya.

 


Solusi Lengkap Download Aplikasi dan Games, Informasi Teknologi, Lifestyle dan Gadget