Rabu

15 Cara Move On: Dijamin Cepat Lupain Mantan Tercinta

15 Cara Move On: Dijamin Cepat Lupain Mantan Tercinta
FEC Media

Hidup terkadang berjalan tak seperti yang kita inginkan. Ada saatnya kita mengalami kegagalan hubungan. Apalagi bila kisah asmara yang kandas itu sudah dijalani selama bertahun-tahun.


Setiap hubungan yang gagal memang menyakitkan. Kamu mungkin marah pada diri sendiri dan terus menangis. Ketika sedang patah hati, kamu akan mengalami masa-masa yang sulit.


Masa-masa galau saat dia tidak mengajakmu balikan atau bahkan dia sudah bersama orang lain. Patah hati membuat rasa sedih, kecewa, dan marah memenuhi hatimu.


Cara Move On/Melupakan Mantan Tercinta


Kamu tidak boleh terus terpuruk, ini saatnya move on dari mantan yang tak perlu kamu tangisi. Menonton film atau makanan kesukaan tak cukup, ini tips cepat move on dari mantan:


Ilustrasi. (Pixabay)



1. Terima Apa yang Terjadi


Kesal, marah, dan sakit hati setelah putus adalah hal yang wajar. Kamu mungkin akan marah untuk waktu yang lama. Tetapi jika kamu tetap marah, hal itu hanya akan membuatmu stres.


Cara pertama untuk melupakan mantan yang masih dicintai adalah menerima apa yang terjadi.


Inilah saatnya kamu mencoba langkah pertama ini, kamu harus menerima dan jangan terlalu memikirkan apalagi menganalisis hal-hal secara berlebihan.


Kamu harus menerima bahwa hubunganmu telah berakhir dan berhenti terus memohon untuk kembali, itu hanya melukai dirimu sendiri.


Cara yang baik untuk menerima apa yang terjadi adalah dengan menulis tentang perasaan kamu. Tidak perlu bagus, tulis saja semua yang kamu rasa.


Bayangkan jika kamu menulisnya, perasaan sakit hati yang kamu alami itu menempel di kertas.


2. Beri Dirimu Waktu untuk Pulih


Kesalahan terbesar yang dilakukan orang ketika mencoba untuk move on adalah melakukan aktivitas yang buruk seperti melukai diri sendiri, mabuk, atau  hal lain yang merugikan.


Beri dirimu waktu untuk sembuh dengan melakukan aktivitas yang positif. Mulailah rutin olahraga, jalan-jalan, menonton film, dan makan makanan sehat.


Dampak positif akan terasa pada kesehatan mental dan diri kamu.


3. Merelakan


Cara berikutnya adalah kamu harus belajar merelakannya. Hal ini memang tidak mudah, namun merelakan atau melepaskan adalah fase paling krusial dan tersulit dalam setiap hubungan.


Ilustrasi. (Pixabay)



Ada terlalu banyak kenangan dan kamu merasa untuk melupakan kenangan ini terasa seperti mustahil. Kamu merasa telah menginvestasikan begitu banyak waktu, tenaga, dan air mata untuk membuat hubungan berhasil hanya untuk sesaat.


Di balik itu semua, kamu harus memikirkan diri sendiri. Kamu harus menghormati dan menghargai diri sendiri lebih dari siapapun.


Jangan bergantung pada seseorang yang tidak menghargaimu apalagi membuatmu sakit, kamu harus bisa belajar untuk merelakan.


4. Jangan Terlalu Kejam pada Dirimu Sendiri


Berhentilah menyalahkan seluruh dunia atas perpisahanmu dengannya. Hadapi kenyataan bahwa orang yang paling membuat kamu marah adalah kamu sendiri.


Kamu mungkin ingin mencari cara untuk menghukum diri sendiri dengan melakukan perilaku yang merugikan atau terus memohon agar dia kembali.


Namun, kamu ingat bahwa setiap orang membuat kesalahan. Yang perlu kamu lakukan hanyalah menyeka air mata dan mencegah ‘mahkotamu’ jatuh.


Ingat, kamu lebih kuat dari apa yang kamu pikirkan!


5. Curhat ke Orang Terdekat


Memendam perasaan sedih sendiri terkadang rasanya tidak enak. Kamu akan merasa lebih tenang saat berbagi isi hati dengan orang terdekat yang kamu percaya.


Curhatlah kepada mereka mengenai kondisimu, hal ini akan membuatmu lega. Selain itu, mereka bisa saja untuk memberikan nasihat dan saran terbaik agar kamu cepat move on.


6. Tingkatkan Kualitas Diri


Ketika kamu sudah putus, ini adalah waktu terbaik bagimu untuk fokus pada dirimu.


Pergilah ke spa, mani-pedi, atau ke salon. Kamu juga bisa membeli pakaian, sepatu, celana atau tas untuk perubahan sebagai seseorang yang kuat dan mandiri.


Selain itu, lakukan aktivitas bermanfaat seperti yoga, berenang, bersepeda, dan seni. Hal ini bisa meningkatkan kualitas dirimu.


Kamu akan membangun kepercayaan diri yang dirusak oleh hubunganmu sebelumnya. Percaya diri dan nyaman dengan diri sendiri akan membuatmu bahagia.


7. Berhenti untuk Kepo tentang dirinya di Media Sosial


Setelah putus, kamu mungkin terus bertanya-tanya apa yang sedang dia lakukan pada waktu tertentu dan penasaran bagaimana dia sekarang.


Dengan bantuan media sosial,kamu bisa sangat mudah untuk tahu apa yang dia lakukan. Tapi, menguntitnya hanya akan membuatmu semakin sedih dan cemas.


Cara terbaik untuk menghadapi putus cinta adalah dengan tidak mengecek dan sering melihat sosial medianya.


8. Hindari Kontak dengan Mantan


Mantanmu mungkin masih ingin menghubungimu bahkan setelah putus. Jika hal ini terjadi, tentu akan membuat kamu semakin sulit melupakannya.


Bersikaplah biasa saja tetapi perhatikan kebutuhanmu.Kamu bisa menghapus atau memblokir nomornya jika ingin melupakannya.


Tetaplah sibuk sehingga kamu bahkan tidak punya waktu untuk memikirkan untuk menghubunginya.


Selain itu, blokir dan unfollow semua akun media sosial dia, dan hapus semua pesan darinya agar kamu tidak menghabiskan waktu untuk melihatnya.


9. Jangan Cari Alasan untuk Bertemu Lagi


Kamu mungkin berpikir bahwa satu pertemuan bisa membuat kalian berdua kembali bersama.


Namun, inilah saatnya kamu menyadari bahwa apa yang tidak bisa diperbaiki dalam suatu hubungan tidak akan pernah bisa diselesaikan hanya dalam satu pertemuan.


Sebuah hubungan adalah tentang usaha dari kedua sisi, dan setelah mati dengan kematian yang menyakitkan, tidak ada gunanya mencoba kembali.


10. Berhenti Berteman Dengannya Jika Masih Ada Perasaan


Jika kamu mencoba berteman dengan mantanmu, itu akan menyakitimu lebih dari yang kamu kira. Setelah sebuah kapal berlayar, tidak ada gunanya mencoba memutarnya.


Persahabatan adalah hubungan yang sangat istimewa dan tidak boleh digunakan untuk motif tersembunyi.


Jika kamu ingin tetap berteman lalu dia dekat dengan orang lain, hal ini akan membuatmu sakit hati.


11. Singkirkan Hal yang Mengingatkanmu Tentangnya



Mungkin kamu pernah menyimpan tiket konser saat pertama kali bepergian bersama, album foto, surat cinta, atau sweater yang kamu bawa saat di meninggalkannya.


Nah, kini saatnya melepaskan bukan hanya barang-barangnya tapi juga kenangan yang terus kamu kenang.


12. Luangkan Waktu untuk Hobimu


Luangkan waktu untuk hobimu. Kamu bisa memotret, menonton film, bernyanyi untuk melupakan mantan.


Kamu harus meluangkan waktu untuk diri sendiri, sehingga kamu akan senang.


13. Habiskan Waktu dengan Teman dan Keluarga


Sendirian setelah putus bisa menyebabkan depresi. Di saat seperti ini, kamu berhenti dan malas mempercayai orang.

Namun, ini adalah waktu yang tepat untuk terhubung kembali dengan orang-orang dalam hidupmu, orang yang benar-benar akan bertahan apapun yang akan terjadi.


Menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman dekat dapat membantumu menjernihkan pikiran.


14. Cintai Diri Sendiri


Kamu tidak bisa mengharapkan orang lain mencintaimu dengan baik dibanding dirimu sendiri. Jika kamu mau dicintai orang lain, kamu harus belajar untuk mencintai dirimu sendiri.


Kamu harus bisa menerima segala kekurangan dan kelemahan yang kamu miliki. Dengan begitu, kamu akan tahu caranya bangkit dan memperbaiki diri.


15. Berhenti Menanyakan Kabarnya dari Teman



Setelah kamu memutuskan semua kontak dengan mantan, kamu dapat mencoba mendapatkan informasi tentang dia dari temanmu.


Tahan dorongan itu. Kamu harus menjauh darinya secara fisik, emosional, dan mental.


Itulah berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk move on dari mantan. Mencintai diri sendiri dengan berbelanja dan liburan, sangatlah penting untuk move on. Bagaimana FedStylers, sudah siap move on? (Zihan/tpd)

Solusi Lengkap Download Aplikasi dan Games, Informasi Teknologi, Lifestyle dan Gadget