Senin

Jangan Panik, Begini Cara Mengatasi Motor Mogok di Jalan

Jangan Panik, Begini Cara Mengatasi Motor Mogok di Jalan
FEC Media

Pengetahuan tentang cara mengatasi motor mogok, mungkin menjadi hal berharga jika Anda pernah mengalaminya, apalagi penyebab kondisi ini sangat variatif.


Apalagi motor mogok di jalan memang bukan hal yang menyenangkan. Karenanya, memiliki pengetahuan tentang hal tersebut memang sangat penting bagi pengendara sepeda motor.


Mungkin hampir semua pengendara motor sudah pernah mengalami hal ini di tengah jalan. Panik, mungkin adalah hal pertama yang akan terjadi, apalagi bila awam pengetahuan tentang mesin kendaraan dan jauh dari bengkel. Nah, agar tidak panik, berikut ulasan mengenai penyebab dan cara mengatasinya.


Penyebab motor mogok



Mengutip website suzuki.co.id, untuk bisa mengantisipasi bagaimana cara mengatasi apabila motor yang dikendarai tiba-tiba mogok di jalan, terlebih dahulu hendaknya diketahui apa yang menjadi penyebabnya.


Disini, ada beberapa penyebab kendaraan bisa mengalami mogok serta cara mengatasinya, tentunya juga tergantung pada penyebabnya.


Pemilik kendaraan bermotor yang rajin melakukan pengecekan dan perawatan mesin kendaraan, bisa dipastikan tidak akan mengalami kondisi kendaraan mogok. Karena sebagian besar penyebab kendaraan  mogok adalah bersumber dari mesin kendaraan. 


Kehabisan Bahan Bakar


Penyebab motor mogok yang pertama dan paling ringan adalah kendaraan kehabisan bensin atau bahan bakar. Apabila hal ini terjadi, sudah pasti kendaraan tidak akan bisa berjalan, karena mesin kendaraan bermotor memang  bekerja karena adanya bahan bakar yang berupa bensin.


Ilustrasi Motor. (Net)


Pada saat bahan bakar habis, maka aliran atau suplai bahan bakar ke ruang pembakaran juga berhenti. Itu artinya, mesin tidak menerima suplai bahan bakar yang digunakan untuk melakukan pengapian yang membuat mesin menyala dan kendaraan bisa berjalan. Karena itulah akhirnya motor pun mogok.


Kran Bensin Tertutup


Tangki bensin masih penuh tetapi tiba-tiba motor mogok dan tidak bisa jalan? Hal ini juga bisa terjadi apabila kran saluran bensin ke karburator tertutup. Kran saluran tertutup ini bisa terjadi karena tersumbat oleh kotoran, dan bisa juga kran tertutup karena memang disengaja.


Kran saluran bensin ini berfungsi untuk mengalirkan bahan bakar ke arah karburator. Apabila saluran ini tertutup, maka bensin tidak akan bisa mengalir, dan otomatis mesin tidak akan bisa hidup. Kran ini bisa sengaja ditutup apabila kendaraan tidak akan digunakan dalam waktu yang cukup lama.


Busi Bermasalah


Penyebab motor mogok lainnya adalah busi motor. Busi sendiri berfungsi sebagai alat pengapian yang akan menghasilkan percikan api sehingga nantinya menghasilkan pembakaran dari campuran bahan bahan bakar dan udara. Ledakan kecil yang terjadi inilah yang menyebabkan mesin bisa menyala.


Busi yang bermasalah bisa terjadi karena busi tersebut memang rusak dan sudah tidak bisa dipakai lagi, dan bisa juga karena pada kabel busi terjadi masalah. Kabel busi yang bermasalah bisa terjadi karena ada kotoran yang menyumbatnya, sehingga percikan api tidak akan bisa sampai ke karburator mesin.


Kemungkinan lainnya adalah, sebenarnya yang bermasalah adalah businya. Biasanya hal ini bisa terjadi karena kepala busi kotor, dan bisa juga karena busi sudah rusak sehingga tidak bisa lagi menghasilkan percikan api. Kemungkinan lainnya adalah, karena pemasangan busi yang tidak tepat.


Mesin Terlalu Panas


Mesin motor yang terlalu panas juga bisa menyebabkan mesin tiba-tiba mati dan motor menjadi mogok. Hal ini bisa terjadi apabila motor digunakan dalam perjalanan yang cukup jauh yang mengakibatkan mesin terus menyala tanpa henti.


Pemakaian kendaraan bermotor tanpa istirahat, akan menimbulkan suhu panas akibat adanya sistem pembakaran yang terjadi atau akibat gesekan piston. Hal ini mengakibatkan pelumas tidak mampu meredam suhu panas yang ada, dan mengakibatkan piston memuai dan akhirnya macet.


Oli Mesin Habis


Oli menjadi bagian yang sangat penting bagi kendaraan bermotor, karena dibutuhkan untuk bahan perapat antar komponen kendaraan tersebut. Selain itu, oli juga dibutuhkan untuk mengurangi gesekan antar komponen yang menyebabkan timbulnya panas.


Kehabisan oli, otomatis akan membuat gesekan yang terjadi pada komponen-komponen kendaraan menjadi semakin besar, dan panas yang ditimbulkan juga semakin besar. Kehabisan oli ini bisa menyebabkan mesin menjadi panas dan akibatnya kendaraan menjadi mogok.


Cara Mengatasi Motor Mogok di Jalan


Cara mengatasi motor mogok, tentunya tergantung dari penyebab yang terjadi. Karena penyebab dari motor mogok ada beberapa macam, maka cara menanganinya juga cukup variatif, tergantung dari penyebab yang dialami oleh kendaraan bermotor tersebut.


Akibat Bahan Bakar Habis


Motor mogok di jalan akibat kehabisan bensin? Saat berkendara, tiba-tiba laju motor seperti tersendat-sendat lalu mesin mati dan motor berhenti, bisa terjadi karena bahan bakar habis.


Cara mengatasinya, tentunya hanya bisa dilakukan dengan mengisi bahan bakar, sehingga motor kembali bisa berjalan.


Untuk mengantisipasi motor mogok di jalan akibat kehabisan bahan bakar, sebaiknya sebelum digunakan, dilakukan pengecekan dengan membuka tangki bensin terlebih dahulu.


Apalagi bagi kendaraan yang indikator bensinnya sudah mati, hal ini semakin penting. Tentu tujuannya agar motor tidak kehabisan bensin saat di perjalanan yang jauh dari tempat pengisian bahan bakar. 


Akibat Busi Rusak


Apabila motor mogok dikarenakan busi bermasalah, cara mengatasinya adalah dengan mengecek kondisi busi tersebut apakah masih berfungsi atau tidak. Anda bisa melakukannya dengan membersihkan kepala busi dengan cara menggosoknya, kemudian menyalakan mesin sambil mendekatkan busi ke bagian mesin.


Apabila terjadi percikan api biru, maka busi masih berfungsi dan bisa segera dipasang kembali. Tetapi, bila sudah tidak ada percikan api yang timbul, maka harus dilakukan penggantian busi yang baru, karena itu berarti busi sudah tidak bisa berfungsi.


Jangan lupa untuk melakukan pengecekan pada selang busi, apakah tersumbat oleh kotoran atau tidak. Apabila busi masih bisa berfungsi, tetapi mesin sudah tidak bisa menyala, bisa jadi ada kotoran yang menyumbat di dalamnya, sehingga percikan api tidak bisa sampai pada mesin motor.


Akibat Mesin Terlalu Panas


Untuk mengatasi motor mogok yang disebabkan mesin terlalu panas solusinya hanya satu. Solusi tersebut yakni mengistirahatkan mesin dengan cara menghentikan kendaraan, hingga mesin motor benar-benar dingin.


Setelah mesin benar-benar dingin, maka kendaraan bisa kembali digunakan dan perjalanan bisa dilanjutkan lagi. Tetapi sebelumnya, bisa dilakukan pengecekan dengan melepas busi. Hal ini dilakukan setelah mesin benar-benar dingin.


Selanjutnya, oleskan sedikit oli atau pelumas pada lubang tempat busi, untuk melumasi piston yang tersumbat dan menyebabkan motor mogok, lalu mesin bisa kembali dinyalakan.


Untuk mengantisipasi kendaraan mogok akibat mesin yang terlalu panas, sebaiknya Anda tidak melakukan perjalanan jauh tanpa berhenti. Sebaiknya beristirahatlah di tengah perjalanan, agar bisa memberi kesempatan kepada mesin motor untuk istirahat, sehingga tidak akan mogok karena mesin terlalu panas.


Motor mogok di jalan memang bisa diatasi asalkan diketahui penyebabnya dengan tepat, sehingga cara yang diterapkan pun benar. Tetapi, keadaan ini bisa dihindari dan diantisipasi, dengan cara melakukan pengecekan dan perawatan teratur di bengkel resmi  terdekat.

Solusi Lengkap Download Aplikasi dan Games, Informasi Teknologi, Lifestyle dan Gadget