Rabu

Empat Tips Atasi Nyeri Punggung

Empat Tips Atasi Nyeri Punggung
FEC Media

Apakah kamu suka mengalami nyeri punggung bagian bawah? Jika iya, maka jangan dibiarkan. Karena hal ini bisa mengganggu aktivitas bahkan menyebabkan cedera akut yang mengarah pada artritis.


Untuk mengatasinya sebuah web kesehatan healthline.com mengatakan kalau ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mencegah rasa sakit ini


# Mengompres Pinggang


Jika kamu baru mengalami rasa sakit ini untuk pertama kali maka pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengompres dengan air es atau kompres panas selama 24 hingga 48 jam. Untuk penggunaan kompres dingin kamu bisa menggunakan es batu atau es serut, kemudian masukan ke dalam kantong plastik.


Lalu letakkan es pada bagian yang sakit dan kemudian yang panas. Oh ya namun sebelum menggunakannya pastikan untuk meletakan es pada kain pelindung, agar tidak menyentuh kulit secara langsung. Oleskan selama 10 menit setiap merasa sakit, serta beri selang waktu antara keduanya.


Saat mengaplikasikan air panas jangan menyentuhkan langsung dengan kulit, masukan ke dalam bantal pemanas terlebih dahulu. Jangan menggunakannya sepanjang malam karena tidak baik untuk kulit.


Ilustrasi (Pixabay)



# Melakukan akupunktur


Institut Nasional Gangguan Neurologis dan Stroke, mengungkapkan akupuntur Tiongkok kuno merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengatasi nyeri punggung loh! Cara kerjanya sendiri adalah dengan memulihkan energi pada tubuh dengan memasukan jarum kecil.


Pada awalnya mungkin ini menakutkan tapi ternyata memberikan banyak manfaat lainnya di samping mengurangi nyeri punggung bawah, seperti mengatasi migrain, meredakan radang sendi, mengatasi obesitas, hingga berfungsi sebagai anti aging.


# Menata ruang kerja


Rasa nyeri biasanya muncul pada orang yang sering duduk terlalu lama di belakang meja seperti para pekerja kantor. Sehingga karena alasan inilah kamu harus mengevaluasi kembali furniture seperti meja, dan terutama kursi kantor yang digunakan hampir 8 jam dalam sehari.


Ada baiknya untuk memilih perabotan yang ergonomis, serta membantu untuk menjaga postur tubuh tetap terjaga. Selain perhatikan juga posisi duduk yang benar agar terhindar dari nyeri punggung, misalnya dengan menghindari menyimpan barang pada area yang terlalu jauh.


Faktor lainnya yang harus kamu perhatikan adalah kaki harus sejajar dengan lutut, sekaligus sejajar dengan pinggul. Jika ingin lebih nyaman kamu bisa menambahkan bantal atau handuk yang diletakan pada lekukan punggung bagian bawah.


Terakhir letakan monitor komputer pada jarak yang tepat yaitu berjarak sekitar satu lengan dari kursi, dengan bagian atas layar hanya sedikit di bawah ketinggian mata.


# Vitamin untuk kesehatan tulang


Salah satu penyebab mengapa kamu mengalami nyeri punggung bawah ada beberapa faktor seperti posisi duduk yang tidak baik, hingga kelebihan berat badan. Untuk mengatasinya konsumsi nutrisi yang dapat membantu pertumbuhan tulang optimal dan kuat misalnya kalsium, sereal, jus jeruk, oatmeal, sayuran hijau. Tambahkan juga menu makanan dengan fosfor tinggi seperti keju, susu, kacang maupun yogurt.


Ya, semoga setelah membaca informasi ini kamu bisa mengurangi bahkan mencegah rasa sakit pada bagian tubuh belakang lebih mudah.

Solusi Lengkap Download Aplikasi dan Games, Informasi Teknologi, Lifestyle dan Gadget