Sabtu

Sering Sakit Kepala Adalah Salah Satu Gejala Stroke, Ini Beberapa Fakta Lainnya

Sering Sakit Kepala Adalah Salah Satu Gejala Stroke, Ini Beberapa Fakta Lainnya
FEC Media

Stroke merupakan salah satu masalah kesehatan serius yang sering dialami oleh banyak orang. Meski begitu, tak jarang orang yang salah memahami gejala stroke yang sedang dialami dengan kondisi serius lainnya. Oleh sebab itu, pahami beberapa gejala stroke dan perbedaannya dengan gejala penyakit lain di bawah ini.



Berbagai gejala stroke yang sering muncul

 

Mengutip halosehat.com, ada beberapa ciri-ciri dari penyakit stroke yang harus Anda waspadai. Di antaranya adalah sebagai berikut.


Ilustrasi. (Net)


1. Tiba-tiba mati rasa

 

Tanda atau gejala stroke yang paling umum terjadi adalah mati rasa dan kelemahan pada wajah, lengan, kaki, atau salah satu sisi tubuh pasien. Untuk memastikan ada atau tidaknya gejala ini, cobalah untuk mengangkat kedua tangan ke atas.

 

Apabila salah satu tangan mulai jatuh tanpa digerakkan, Anda mungkin saja mengalami gejala stroke. Begitu pula saat Anda mencoba tersenyum dan salah satu sudut bibir mulai menurun tanpa digerakkan.

 

2. Gangguan penglihatan

 

Tanda-tanda dan gejala dari penyakit stroke berikutnya adalah munculnya gangguan penglihatan. Kondisi ini juga terjadi secara tiba-tiba, tanpa peringatan terlebih dahulu. Saat mengalaminya, Anda mungkin hanya merasakan pandangan mata berbayang.


Namun, ada pula yang mendadak tidak bisa melihat di salah satu atau kedua bola matanya. Jika tidak segera diatasi, kondisi ini bisa menyebabkan kebutaan permanen pada pasien penderita stroke.

 

3. Gangguan berbicara dan kesulitan memahami ucapan orang lain

 


Ciri dari penyakit stroke yang juga sering dialami pasien adalah gangguan berbicara. Pasien mungkin saja kehilangan kemampuan berbicara seperti biasa. Pada saat itu, pasien tidak mampu menyebutkan kata demi kata dengan lancar. Sering kali, lidahnya seolah terpeleset sehingga tidak bisa mengeja kata dengan benar.


Tak hanya itu, pasien mungkin juga akan kesulitan untuk memahami ucapan orang lain. Padahal, bisa saja kalimat yang diucapkan oleh lawan bicaranya hanya kalimat sederhana yang biasanya akan dengan mudah untuk dipahami.

 

4. Sakit kepala sebagai gejala stroke


Gejala stroke yang satu ini juga termasuk yang banyak dialami. Sakit kepala yang biasanya disertai dengan muntah, pusing, dan hilangnya kesadaran diri merupakan tanda bahwa Anda sedang mengalami stroke. Biasanya, sakit kepala yang menjadi gejala stroke ini muncul tanpa penyebab tertentu.

 

5. Kesulitan berjalan


Pasien yang mengalami stroke juga berpotensi mengalami gangguan berjalan, mengatur keseimbangan hingga mengatur koordinasi tubuh. Jika Anda mendadak kehilangan keseimbangan saat berjalan diikuti pusing kepala yang cukup intens dan hilangnya koordinasi, mungkin itu adalah gejala stroke.

 

6. Kehilangan kesadaran diri


Jika sudah pada tingkatan yang cukup parah, orang yang mengalami stroke memiliki potensi untuk kehilangan kesadaran diri. Biasanya, kondisi ini terjadi jika pasien mengalami sakit kepala akut dan tidak segera diatasi.

 

Apa perbedaan gejala stroke dengan kondisi kesehatan lainnya?


Gejala stroke sering kali disalahpahami sebagai gejala penyakit lain. Sebaliknya, gejala penyakit lain sering dianggap sebagai gejala stroke. Padahal, jika melakukan self-diagnosis dan mendapatkan pengobatan yang salah baik untuk Anda atau orang terdekat, kondisi yang dialami dapat lebih parah.

 

Dari sekian banyak gejala stroke yang sering disalahpahami sebagai gejala penyakit lain, pusing kepala merupakan salah satunya. Pasalnya, pusing bisa menjadi pertanda dari berbagai penyakit serius, termasuk serangan jantung, hipertensi, meningitis, dan lain sebagainya.

 

Untuk membedakannya, yang perlu Anda ketahui adalah pusing yang disebabkan oleh stroke biasanya didampingi oleh gejala lain seperti muntah sampai hilang kesadaran diri. Sakit kepala atau pusing karena stroke biasanya muncul secara tiba-tiba, sementara pusing atau sakit kepala seperti migrain munculnya secara bertahap.


Jika Anda hanya merasakan pusing biasa, tidak disertai kondisi lain, dan tidak datang secara tiba-tiba, bisa jadi itu pertanda dari kondisi lain. Namun, untuk meyakinkan, Anda bisa memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter untuk mendapatkan diagnosis lebih lanjut.

Solusi Lengkap Download Aplikasi dan Games, Informasi Teknologi, Lifestyle dan Gadget