Senin

Tips Beli Smartphone Untuk Kreasi Konten

Tips Beli Smartphone Untuk Kreasi Konten
FEC Media

Semakin berkembangnya zaman, semakin berkembang pula teknologi-teknologi yang bisa Anda dapatkan pada sebuah smartphone. Mulai dari prosesor dengan kecepatan tinggi, baterai kapasitas besar, layar yang begitu jernih, dan lain sebagainya. Salah satu yang paling banyak ditawarkan oleh para produsen smartphone untuk para penggunanya adalah kamera.



Tak bisa dipungkiri, sekarang ini semakin banyak smartphone yang mengusung kamera super canggih sebagai nilai jual. Salah satu alasannya mungkin karena semakin banyak pula orang-orang yang memanfaatkan kamera smartphone untuk membuat beragam konten. Jika Anda salah satu di antara yang banyak memanfaatkan kamera smartphone, Anda bisa melirik Xiaomi Note 10 Pro.


Ada beberapa hal yang sebaiknya Anda pelajari sebelum membeli smartphone dengan kualitas kamera mumpuni. Jika Anda belum mengetahui hal-hal tersebut, berikut ini beberapa tips untuk Anda


Ilustrsi. (Pixabay)



1. Jumlah Kamera


Belakangan ini, bisa dikatakan hampir semua smartphone keluaran terbaru memberikan lebih dari satu kamera untuk para penggunanya. Tentu saja masing-masing kamera memiliki fungsi tersendiri. Semakin banyak kamera yang ada, tentu semakin banyak pula pilihan pengguna saat memakainya.


Kamera utama biasanya yang paling ditonjolkan dengan memberikan kualitas terbaik. Selain itu ada mode ultra wide yang bisa Anda gunakan untuk mengambil gambar dengan sudut pandang yang lebih luas. Setelah itu, tak sedikit juga smartphone yang memasukkan kamera dengan mode macro untuk memfoto objek-objek kecil dan juga mode depth demi bisa menghasilkan foto dengan efek bokeh dengan bagus.


2. Sensor


Anda pasti sudah cukup familiar dengan kata-kata Mega Pixel atau yang biasa disingkat MP jika berbicara soal kamera. Hal tersebut harus Anda perhatikan. Tentu saja semakin besar ukuran sensor yang diberikan sebuah kamera, akan lebih bagus dan tajam pula hasilnya.


Seperti kamera utama dari Xiaomi Note 10 Pro. Tak tanggung-tanggung, kamera dari smartphone tersebut memberikan sensor sebesar 108 MP, tapi Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Hasilnya tak perlu Anda ragukan lagi, bahkan tak kalah baiknya dengan hasil dari kamera-kamera profesional. Buat Anda yang punya hobi fotografi, smartphone dengan kualitas sensor sebaik ini tentu akan sangat membantu.


3. Aperture atau Diafragma


Selain sensor yang besar, aperture atau diafragma juga jadi bagian yang tak kalah pentingnya dari sebuah kamera. Diafragma adalah kemampuan lensa atau kamera untuk terbuka yang berfungsi untuk masuknya cahaya yang akan ditangkap sensor kamera. Semakin besar bukaan diafragma, semakin besar pula cahaya yang masuk, maka akan semakin bagus pula hasilnya.


Biasanya, besaran diafragma ditulis dengan huruf f. Untuk melihat kemampuan diafragma dari sebuah kamera, Anda bisa melihat besaran angka di belakang huruf f. Semakin kecil angkanya, akan semakin baik. Contohnya, kamera utama dari Xiaomi Note 10 Pro yang memiliki diafragma hingga f1.9 yang berarti hasil foto dari kamera tersebut akan terlihat tajam.


4. Spesifikasi Kamera Depan


Kamera depan dari sebuah smartphone memiliki fungsi utama untuk melakukan panggilan video atau video call. Selain itu, kamera depan juga biasanya digunakan untuk Anda melakukan swafoto, atau yang lebih sering disebut foto selfie. Namun, sekarang ini bagi beberapa orang, kamera depan juga punya peran yang tak kalah penting dari kamera belakang.


Lewat kamera depan, Anda yang gemar membuat konten di media sosial TikTok atau Reels Instagram akan sangat terbantu. Apalagi jika kamera depan dari smartphone yang Anda gunakan memiliki kualitas yang baik pula. Misalnya, kamera depan dengan sensor 16 MP dan diafragma f2.5 yang ada di Xiaomi Note 10 Pro.


5. Fitur-fitur Kamera


Tak hanya memberikan beberapa jenis kamera, beragam smartphone saat ini juga menyelipkan fitur-fitur yang bisa Anda pilih saat ingin mengambil foto. Anda bisa menentukan pengaturan sesuai yang Anda inginkan agar bisa mendapatkan hasil foto yang maksimal.


Pada umumnya ada beberapa fitur yang bisa Anda pilih. Mode HDR atau fitur AI bisa Anda pilih jika ingin mendapatkan kualitas foto yang lebih baik. Selain itu, fitur night mode bisa Anda gunakan ketika Anda ingin mengambil gambar saat kondisi malam hari atau pencahayaan yang minim. Kemudian untuk kamera depan, biasanya juga terdapat beberapa fitur, seperti beautification yang bisa Anda gunakan.


6. Kemampuan Kamera dalam Merekam Video


Kamera pada sebuah smartphone tak hanya bisa digunakan untuk mengambil foto, melainkan juga merekam video. Kalau Anda gemar membuat vlog dengan smartphone, kemampuan kamera saat merekam gambar harus menjadi perhatian.


Ada smartphone yang bisa merekam gambar dengan hasil up to 8K 30 frame per second atau kualitas 4K 60 frame per second, seperti yang dimiliki Xiaomi Note 10 Pro. Perhatikan juga apakah kamera dari smartphone tersebut mampu merekam gambar dengan baik saat menggunakan mode slow motion. Kualitas kamera depan untuk merekam juga harus Anda perhatikan, apalagi jika Anda suka membuat konten di media sosial TikTok atau Reels Instagram.

Solusi Lengkap Download Aplikasi dan Games, Informasi Teknologi, Lifestyle dan Gadget