Senin

Hai Ladies, Waspadai Mitos Tentang Cara Membesarkan Payudara

Hai Ladies, Waspadai Mitos Tentang Cara Membesarkan Payudara
FEC Media

Kebanyakan bagian tubuh Anda akan berhenti tumbuh di waktu tertentu. Berbeda dengan payudara Anda yang terus berubah ukuran serta bentuknya seumur hidup. Ada beberapa hal yang memengaruhi tumbuh kembang payudara tersebut, termasuk genetik, usia, berat badan, serta aktivitas fisik yang Anda lakukan. Terlepas dari pengaruh faktor-faktor tersebut, banyak orang-orang yang mencari berbagai cara untuk membesarkan ukuran payudara. 


Karena kebutuhan inilah, muncul berbagai ulasan cara membesarkan payudara. Sayangnya, tidak sedikit dari tulisan tersebut yang merupakan mitos belaka. Misalnya saja, dengan mengoleskan minyak kayu putih dan pasta gigi. Lantas, adakah cara membesarkan payudara secara alami?


3 mitos tentang cara membesarkan payudara yang perlu Anda waspadai


1. Memakai petroleum jelly


Satu mitos yang pernah populer di media sosial ialah cara memperbesar payudara secara alami menggunakan petroleum jelly. Campuran lilin dan minyak esensial tersebut pun diyakini bisa mengencangkan payudara. Caranya adalah, mengoleskan petroleum jelly pada seluruh bagian payudara setiap malam, selama 30 hari. Anda bisa menggunakan vaseline dan baby oil untuk mengencangkan payudara.


Fakta membuktikan bahwa memakai petroleum jelly pada payudara tidak akan membuatnya tumbuh makin besar. Lagipula, belum ada penelitian ilmiah yang membahas efektivitas petroleum jelly untuk memperbesar serta mengencangkan payudara.


2. Mengoleskan pasta gigi

Mitos ini bermula dari vlogger yang percaya bahwa pasta gigi dapat mengencangkan kulit dan mengecilkan pori-pori, sehingga payudara akan terlihat besar. Mereka pun mengatakan bahwa efeknya akan makin manjur kalau pasta gigi dicampurkan dengan pelembab kulit atau petroleum jelly.


Tentunya, klaim ini salah. Selain belum ada penelitian yang membuktikan efektivitasnya, rasa kencang yang mereka rasakan sebetulnya berasal dari sifat odol yang bikin kulit kering. Saat bekas pasta gigi yang sudah mengering di kulit itu dibilas, sensasi kulit mengencang juga akan hilang. Payudara juga tidak akan membesar ataupun mengencang.


Parahnya lagi, senyawa yang terkandung dalam pasta gigi bisa berefek buruk bagi kulit, seperti iritasi, muncul reaksi alergi, dan kering.


3. Memberikan minyak kayu putih


Membalurkan minyak kayu putih pada payudara kemudian memijatnya perlahan dikatakan bisa membesarkan ukuran payudara. Kenyataannya, tidak begitu. Pada dasarnya, tidak ada minyak ataupun krim yang bisa memperbesar payudara Anda. Krim dan pil yang mengklaim dapat menambah ukuran serta kekencangan payudara Anda hanyalah akan membuang-buang duit. 


Lantas, bagaimana cara membesarkan dan mengencangkan payudara yang benar?


Hm, sebetulnya tidak ada cara alami yang bisa memperbesar payudara. Satu-satunya cara menambah ukuran payudara Anda adalah operasi implan. Tapi, beberapa cara dan makanan, serta suplemen dinilai bisa membantu mengencangkan payudara. Apa saja caranya?


 

Ilustrasi  ( Net)


1. Operasi implan payudara

Operasi augmentasi payudara biasanya dilakukan dengan implan payudara atau transfer lemak. Selain bertujuan untuk mengangkat payudara (mastektomi) dan membentuk ulang payudara, operasi implan umumnya dilakukan untuk memperbesar ukurannya. Ada dua jenis implan yang umumnya digunakan, yakni:


Silikon dalam bentuk gel, cairan, atau padat yang menyerupai plastik.

Saline atau air garam steril.

Tiap jenis implan punya kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Implan dapat bertahan hingga 10 – 15 tahun setelah operasi. Idealnya, implan ditempatkan di antara otot dada dan jaringan payudara. 


Operasi ini umumnya tergolong aman jika dilakukan oleh dokter bedah yang berpengalaman. Walau begitu, implan payudara juga punya risikonya sendiri. Mulai dari perdarahan dan infeksi, jaringan payudara jadi mengerut, kebocoran implan, dan bekas luka sayatan pada payudara.


 


2. Makan makanan yang menunjang hormon estrogen

Mengatur pola makan rupanya juga dipercaya sebagai cara alami mengencangkan payudara. Tapi, makanan seperti apa yang direkomendasikan?


Buah kaya fitoestrogen seperti pepaya, apel, kurma, ceri, dan delima Sayuran seperti lobak, wortel, terong, bawang, dan timun Kacang-kacangan seperti walnut, pistachio, dan chestnut Asam lemak dari zaitun dan alpukat

Makanan ini sebenarnya membantu menaikkan berat badan. Ya, peningkatan berat badan otomatis akan menambah ukuran payudara Anda. Struktur payudara terdiri dari jaringan lemak, kelenjar, serta saluran untuk mengalirkan air susu ibu.

Saluran tersebut tidak bisa membesar namun ukurannya dapat menyesuaikan jumlah susu yang terkandung di dalamnya.


Berbeda dengan jaringan lemak payudara yang sangat dipengaruhi oleh jumlah lemak tubuh. Bila berat badan turun, jaringan ini mengecil, sehingga ukuran payudara pun terlihat lebih kecil. Akan tetapi, Anda harus ingat bahwa peningkatan jumlah lemak ketika berat badan naik akan terjadi juga di seluruh bagian tubuh.


Dengan demikian, berat badan yang kerap berubah, misalnya karena diet yo-yo, bisa memengaruhi komposisi dan penampilan payudara Anda. Penurunan berat badan yang drastis dapat berdampak negatif pada jumlah kolagen serta elastin yang menjaga payudara tetap kencang. 


 

3. Suplemen


Mengonsumsi suplemen pembesar payudara yang mengandung hormon sintetik ialah cara lain untuk membesarkannya. Penambahan hormon seperti estrogen atau insulin-like growth factor 1 (IGF-1) diklaim dapat mempengaruhi ukuran payudara. 


Namun, lagi-lagi, belum ada bukti yang cukup kuat untuk menunjukkan efektivitas suplemen ini terhadap ukuran payudara. Bahkan, penelitian menemukan bahwa beberapa kandungan bahan di dalamnya dapat berbahaya bagi manusia. Senyawa tersebut diduga bisa mengurangi tingkat kesuburan, memicu kanker payudara, hingga menimbulkan kerusakan organ hati.


4. Olahraga


Olahraga dengan gerakan tertentu dapat memperkuat otot dada sehingga dapat mengangkat dan memperbaiki postur payudara. Faktanya, payudara sendiri tidak mempunyai jaringan otot. Karenanya, mereka tidak bisa “dibentuk” atau “dikencangkan” layaknya otot bokong.


Olahraga penguatan otot dada fokus pada pembesaran otot-otot pektoral yang terletak di bawah payudara dan melintasi tulang rusuk. Oleh karena itu, pembesaran otot pektoral disebut-sebut mampu memperbesar ukuran payudara.


Namun, olahraga bisa mengurangi lemak tubuh, termasuk jaringan di payudara. Di saat yang sama, aktivitas fisik dapat memperbaiki postur tubuh, di mana badan jadi tegap. Alhasil, payudara jadi maju dan terlihat besar serta kencang. 

Solusi Lengkap Download Aplikasi dan Games, Informasi Teknologi, Lifestyle dan Gadget